> >

Rumah Singgah Soekarno di Padang Dibongkar, Saksi Bisu Pembuangan sang Proklamator

Peristiwa | 15 Februari 2023, 12:19 WIB
Bekas rumah Ema Idham yang pernah ditempati Soekarno kini rata dengan tanah, Selasa (14/2/2023). (Sumber:Kompas.id/Yola Sastra)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Rumah yang terletak di Jalan Ahmad Yani Nomor 12, Kelurahan Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat itu kini tak bersisa. Tiga pekan lalu, ekskavator merubuhkan rumah yang didirikan pada 1930 ini.

Bangunan kuno ini bukan sekadar rumah biasa, tapi mengandung sejarah. Di rumah inilah, Soekarno pernah singgah selama tiga bulan ketika Jepang tiba di Indonesia pada 1942.

Meungutip situs Padang.go id, kala itu pemerintah Belanda khawatir Bung Karno akan dimanfaatkan Jepang. Karena itu, dia akan dibuang ke luar negeri dari Bengkulu. 

Namun ketika akan diberangkatkan, kapal yang akan digunakan rusak. Akhirnya Bung Karno diperintahkan oleh Pemerintah Belanda menuju Padang dengan mengendarai gerobak sapi.

Nah, saat di Kota Padang inilah, Bung Karno tinggal di sini, yang juga dikenal sebagai rumah Ema Idham.

Baca Juga: Kiprah Inggit Garnasih, Istri Soekarno dalam Duka dan Perjuangan, Diusulkan jadi Pahlawan Nasional

Kompas.id melaporkan, sebelumnya rumah ini dijadikan sebuah kafe, yang bernama Tiji Cafe. Namun kafe tersebut sudah ditutup. Saat ini, lahan bekas cagar budaya itu terlihat dikelilingi pagar seng warna merah dan biru setinggi sekitar 2 meter.

Adapun bangunan rumah sudah rata dengan tanah. Hanya material sisa penghancuran yang terlihat.

Suryadi (76), warga sekitar, mengatakan, bangunan tersebut dibongkar dengan ekskavator sekitar tiga pekan lalu.

”Kabarnya (lahan bekas rumah ini) akan dibangun gedung tiga tingkat,” katanya.

Penulis : Iman Firdaus Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU