> >

Duh! Pelaku Sempat Tendang, Pukul, dan Suruh Bocah Korban Penculikan untuk Mengemis

Wawancara | 3 Januari 2023, 20:21 WIB
Karopenmas POlri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Selasa (3/1/2023). menyebut Malika sempat disuruh mengemis. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Iwan Sumarno alias Yudi alias Jacky, terduga pelaku penculikan Malika Anastasya (6), sempat memukul dan menendang korban, serta menyuruhnya untuk mengemis.

Penjelasan itu disampaikan oleh Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Karopenmas Polri, dalam dialog Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Selasa (3/1/2023).

“Di dalam pemeriksaan medis, ada bekas pukulan di bagian pinggul dari korban, yang diduga itu dilakukan kekerasan, dan keterangan dari Malika bahwa itu dilakukan pemukulan,” tuturnya.

“Pemukulan dan ditendang oleh Saudara IS. Kemudian hasil pemeriksaan, tidak ada tanda-tanda kekerasan seksual terhadap korban,” lanjutnya.

Baca Juga: Pemulung Penculik Malika Terancam Hukuman Hingga 9 Tahun

Ahmad Ramadhan menambahkan, dugaan sementara, Iwan menculik Malika dengan motif eksploitasi.

Saat Malika merasa lapar dan meminta makan, lanjut Ahmad, pelaku menyuruhnya untuk mengemis atau meminta-minta.

“Kemudian ketika lapar, korban meminta makan pada pelaku, selalu pelaku mengatakan, ‘Kamu minta-minta, mengemis sama orang’,” tuturnya.

Hasil dari mengemis tersebut kemudian digunakan untuk membeli makanan oleh pelaku dan korban. Hal semacam itu terjadi berulang-ulang.

Selama dalam penculikan, menurut Ramadhan, Malika selalu tidur di dalam gerobak yang digunakan pelaku untuk memulung atau mengumpulkan barang bekas.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU