> >

Seorang Warga Semarang Meninggal dan Ratusan Dievakuasi dari Banjir

Peristiwa | 1 Januari 2023, 12:36 WIB
Kawasan permukaan terendam banjir hingga atap rumah di Gunung Jati, Wonosari, Ngaliyan,kota Semarang, Sabtu (31/12/2022) (Sumber: Dok. Relawan Semarang via Tribun Jateng)

SEMARANG, KOMPAS.TV  -  Sebanyak 172 warga di Kota Semarang dievakuasi dalam kondisi selamat akibat cuaca ekstrem yang mengakibatkan banjir,  sementara satu lainnya meninggal dunia.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto mengatakan, setidaknya ada lima tim rescue yang bertugas mengevakuasi warga.

"Sabtu, Pukul 19.00 WIB berhasil mengevakuasi 172 orang dalam kondisi selamat dan 1 orang dalam keadaan meninggal dunia," jelas dia saat dikonfirmasi, Minggu (1/1/2022).

Heru merinci titik lokasi tim yang mengevakuasi ratusan warga tersebut, yakni Tim  1 di wilayah Marina, Kota Semarang berhasil mengevakuasi 46 warga yang terdampak banjir.

Baca Juga: Banjir di Stasiun Semarang Tawang, Pihak PT KAI Siagakan 3 Pompa Portabel Guna Kurangi Debit Air!

"Tim 2 berada di wilayah Tlogosari berhasil mengevakusi 18 orang, 12 orang di Perumahan Dempel rRya, 50 orang di Kelurahan Muktiharjo," kata Heru dikutip Kompas.com.

Sementara untuk tim 4 berhasil mengevakuasi 1 orang di Perumahan Semarang Indah, dan Tim 5 berhasil mengevakuasi sembilan orang di Muara Mas dan empat orang di Tambak Mas.

Heru menambahkan, dalam proses evakuasi, tim memprioritaskan lansia, orang sakit , anak- anak, orang kebutuhan khusus dan ibu hamil. "Kedalaman banjir bervariasi sekitar 50 sampai 70 sentimeter kami evakuasi ke tempat aman selanjutnya dijemput oleh keluarganya masing - masing." 

Selain di Semarang, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari melalui keterangan tertulis Minggu (1/1/2023), menyebutkan banjir yang melanda sebagian wilayah Demak, Kudus, Pati, dan Grobogan.

Di Kabupaten Demak, sejumlah desa terdampak banjir, di antaranya Kelurahan Betokan di Kecamatan Demak, Desa Kalisari, Desa Banjarsari dan Desa Sidorejo di Kecamatan Sayung, Desa Batu Kecamatan Karangtengah.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV/berbagai sumber


TERBARU