> >

Pentingnya Mengajari Kebersihan Pada Anak

Gaya hidup | 14 November 2022, 13:00 WIB
Mengajari anak cuci tangan sejak dini diperlukan agar mereka sadar pentingnya kebersihan. (Sumber: Freepik)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tentunya, orangtua haruslah sadar untuk mengajarkan pentingnya kebersihan pada anak sejak dini. Mengapa? Dengan orangtua mengajarkan kebersihan, anak akan terjauh dari beragam ancaman penyakit dan membantu membentuk kepribadian anak.

Pasalnya, kesadaran atas kebersihan tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan anak ketika dirinya tumbuh dewasa nanti.

Karena anak-anak di usia dini tidak jarang menyentuh dan memasukkan apa saja ke dalam mulutnya yang dirinya temui dan lihat. Hal inilah yang diangkat dalam siniar Dongeng Pilihan Orangtua bertajuk “Dongeng Yuk Biasakan Cuci Tangan” yang dapat diakses melalui tautan berikut dik.si/DopingCuciTangan.

Membiasakan hidup bersih pada anak dapat bermula dari hal-hal kecil, seperti mencuci tangan sebelum beraktifitas, khususnya sebelum makan. Orangtua bisa mulai dengan mengajarkan anak menggosok gigi secara teratur dan membersihkan pangkal lidah.

Selain itu, penting juga untuk mengajak anak mengunjungi dokter gigi, sehingga kesehatan gigi anak dapat terjaga.

Kemudian, di saat anak-anak bermain dan bereksplorasi, biasanya mereka memegang banyak benda. Di saat itulah, makanan dan kotoran akan menempel pada tangan dan dapat dengan mudah masuk ke tubuh anak. Itu sebabnya, penting bagi orangtua untuk mengingatkan anak agar selalu mencuci tangan setelah bermain, pergi ke kamar mandi, dan sebelum makan.

Baca Juga: Edukasi Kebersihan Menstruasi Unicef Sasar Pelajar SMP

Ada baiknya juga bagi orangtua untuk segera memotong pendek kuku anak. Karena kuku yang panjang akan lebih mudah menjadi tempat bernaung kuman dan kotoran yang terselip. Akan tetapi, jangan biarkan anak memotong kuku sendiri. Karena anak usia dini belum bisa mengontrol gerakan mereka, sehingga dikhawatirkan dapat melukai diri sendiri.

Lebih dari itu, orangtua juga dapat membantu anak membersihkan bagian-bagian tubuh yang sering terlewati ketika mandi, seperti sela-sela jemari tangan dan kaki. Karena kebanyakan anak usia dini lebih senang bermain air dibandingkan membersihkan dirinya.

Anak juga harus diajarkan untuk menutup mulut dengan saputangan atau tisu ketika batuk dan bersin, atau setidaknya dengan tangan bila tidak ada. Karena penyakit besar kemungkinannya untuk menular melalui batuk dan bersin. Itu sebabnya, anak-anak harus memiliki kebiasaan mencuci tangan.

Penulis : Ristiana D Putri Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU