> >

Update Gempa Mamuju: Gedung Polda Sulbar Alami Kerusakan, Lima Orang Luka-luka

Peristiwa | 8 Juni 2022, 14:56 WIB
Ilustrasi. Update kerusakan dan korban gempa bumi yang mengguncang Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (8/6/2022). (Sumber: NTMC Polri)

MAMUJU, KOMPAS.TV - Penjabat (PJ) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik melaporkan adanya kerusakan gedung dan korban luka akibat gempa bumi magnitudo 5,8 yang mengguncang Mamuju dan sekitarnya, pada Rabu (8/6/2022).

Menurut Akmal, kerusakan terjadi di Gedung Serbaguna Polda Sulawesi Barat yang mengalami kerusakan pada bagian plafon.

Selain itu, kerusakan juga terjadi di Gedung Serbaguna Aula PKK Pemprov Sulbar.

Tak hanya kerusakan, Akmal juga melaporkan sebanyak lima orang mengalami luka lecet akibat tertimpa plafon di Polda Sulbar.

"Di Polda ada yang mengalami luka lecet 5 orang, tapi tidak signifikan," ujar Akmal Malik dalam Breaking News KOMPAS TV, Rabu (8/6).

Kendati demikian, ia menyebut belum ada korban jiwa dan luka berat akibat dari gempa yang mengguncang Mamuju ini.

Saat melaporkan, diketahui Akmal sedang bertugas di Majene, sekitar 100 kilo meter dari Mamuju. Ia mengaku turut merasakan guncangan.

Baca Juga: Gempa Bumi Magnitudo 5,8 Guncang Mamuju Sulbar, Tidak Berpotensi Tsunami

Terkait kejadian ini, Akmal memerintahkan kepada seluruh pihak berwenang di Sulawesi Barat, salah satunya BPBD di setiap kabupaten/kota masing-masing untuk melakukan inventarisasi dan langkah-langkah guna menenangkan masyarakat terlebih dahulu.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk mengutamakan upaya penyelamatan diri. Selain itu, ia meminta masyarakat untuk menghindari informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Penulis : Nurul Fitriana Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU