> >

Keberangkatan 13 Calon Haji Embarkasi Solo Sempat Ditunda karena Positif Corona

Peristiwa | 6 Juni 2022, 16:31 WIB
Jamaah haji Indonesia saat berangkat dari bandara Juanda, Surabaya, Sabtu, (4/6/2022). Arab Saudi hari Sabtu (4/6/2022) sambut rombongan haji dari Indonesia, rombongan haji pertama yang tiba untuk menunaikan ibadah haji semenjak pandemi Covid-19 (Sumber: Straits Times)

SOLO, KOMPAS.TV - Sebanyak 13 calon haji di Embarkasi Solo, Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, sempat ditunda keberangkatannya ke Arab Saudi lantaran terdeteksi positif Covid-19.

Belasan calon haji itu dinyatakan positif setelah tes swab polymerase chain reaction (PCR) yang dilakukan petugas kesehatan haji Kabupaten Grobogan, sebelum berangkat ke embarkasi Solo.

Menurut Koordinator Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Sarif Sahrul Samsudin, kini belasan calon haji tersebut telah berada di Embarkasi Solo.

Jemaah haji yang merupakan bagian dari kelompok terbang (kloter) 3 dan 4 direncanakan akan diberangkatkan ke Arab Saudi bersamaan dengan jemaah haji kloter 6. Tepatnya pukul 02.35 WIB pada Selasa (7/6/2022).

"Lihat open seat kloter selanjutnya. Insya Allah jam 2 (dini hari) nanti, masuk kloter 6," kata Sarif saat dihubungi KOMPAS.TV, Senin (6/6/2022).

Lebih lanjut, terang Sarip, jika hasil PCR 13 calon jemaah haji ada yang masih positif, mereka akan dikembalikan ke daerah asal menunggu sampai hasilnya negatif.

Hal tersebut karena jemaah calon haji yang masuk ke Embarkasi Solo harus negatif Covid-19

"Misal masih ada yang positif (Covid-19) kita kembalikan ke daerah. Di Embarkasi semua negatif," kata Sarif.

Sebelumnya, sebanyak lima calon haji asal Jawa Tengah Embarkasi Solo ditunda keberangkatannya karena sakit.

Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo Sarif Sahrul Samsyudin mengatakan, lima calon haji tersebut baru akan diberangkatkan jika sudah dinyatakan layak terbang. Adapun teknisnya akan digabung dengan kloter berikutnya.

Penulis : Nurul Fitriana Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU