> >

Raih Jumlah Suara Tertinggi, Dekan FKKMK Ova Emilia Terpilih Jadi Rektor UGM 2022-2027

Berita daerah | 20 Mei 2022, 18:55 WIB
Ova Emilia terpilih menjadi Rektor UGM periode 2022-2027  berdasarkan rapat pleno Majelis Wali Amanat (MWA) UGM di Balai Senat UGM, Jumat (20/5/2022). (Sumber: dok Humas UGM)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Ova Emilia terpilih menjadi Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) periode 2022-2027 berdasarkan rapat pleno Majelis Wali Amanat (MWA) UGM di Balai Senat UGM, Jumat (20/5/2022).

Dekan Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM itu menyisihkan dua calon rektor UGM lainnya, yakni Bambang Agus Kironoto dan Deendarlianto.

Ova Emilia mendapatkan suara terbanyak dalam voting yang dilakukan MWA UGM, yakni sebanyak 21 suara. Sementara Bambang Agus Kironoto mendapatkan satu suara dan Deendarlianto tiga suara.

Ketua MWA UGM Pratikno memimpin pemilihan dan penetapan rektor yang diikuti 17 anggota MWA secara luring dan satu anggota secara daring.

Baca Juga: Seleksi Calon Rektor UGM 2022-2027 Makin Mengerucut, Ini 3 Calon Terpilih

Anggota MWA yang hadir secara luring, di antaranya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim; Sri Sultan Hamengkubuwono X; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimuljono; Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi; dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Anggota MWA yang hadir baik secara luring maupun daring dapat memberikan suara, kecuali Rektor UGM Panut Mulyono yang saat ini masih menjabat.

Rektor baru UGM terpilih ini telah melalui rangkaian proses seleksi bakal calon rektor dan pemilihan rektor yang berlangsung sejak 24 Januari 2022.

Tahapan pendaftaran serta seleksi administrasi meloloskan enam bakal calon rektor yang kemudian diseleksi menjadi tiga calon rektor pada Rapat Pleno Senat Akademik pada 12 Mei lalu.

Penetapan Rektor oleh MWA menandai akhir dari rangkaian proses pemilihan rektor dan rektor terpilih rencananya akan dilantik 27 Mei mendatang.

Penulis : Switzy Sabandar Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU