> >

Pemkab Jember Gelar Layanan Jemput Bola Perizinan Usaha untuk Nelayan dan Pelaku UMKM

Berita daerah | 18 Mei 2022, 20:28 WIB

JEMBER, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Jember bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar pelayanan jemput bola perizinan usaha bagi nelayan dan UMKM di Jember. Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengembangkan usahanya.

Pemkab Jember dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Timur roadshow pelayanan perizinan bagi pelaku usaha di Kantor Bakorwil V Jember, pada Selasa (17/5/2022).

Road show perizinan digelar secara jemput bola dengan harapan dapat mendekatkan pelayanan publik ke para pelaku usaha mikro kecil menengah. Pelayanan perizinan meliputi sektor kelautan dan perikanan, sektor energi sumber daya mineral dan usaha rumah tangga atau home industri.

Dengan perizinan jemput bola, diharapkan UMKM berkembang pesat, terutama UMKM di sektor usaha kelautan, mengingat jumlah nelayan di Jember cukup banyak, yakni 6 ribu lebih nelayan.

Bupati Jember, Hendy Siswanto menyebutkan bahwa surat perizinan berfungsi sebagai legalitas, yang mempermudah pelaku usaha untuk mengurus dan memperoleh BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan.

Baca Juga: Layanan Pembuatan Akta Kelahiran di Kantor Desa, Cegah Kerumunan di Dispendukcapil

Sedangkan menurut Kepala DPMPTSP Jatim, Aris Mukiyono, surat izin usaha juga menjadi legalitas kapal atau perahu yang digunakan berlayar.

Sejumlah pemohon perizinan usaha mengaku terbantu dengan adanya pelayanan perizinan jemput bola, karena selama ini mereka kesulitan mengurusnya.

Road Show pelayanan perizinan jemput bola digelar selama 3 hari dengan target 157 izin usaha dari berbagai sektor.

 

#PelayananPerizinanUsaha #PerizinanUMKM #PemkabJember

Penulis : KompasTV-Jember

Sumber : Kompas TV


TERBARU