> >

Masuk ke Lubang Galian Cari Emas, 12 Ibu Rumah Tangga Tewas Tertimbun Longsor di Mandailing Natal

Berita daerah | 29 April 2022, 21:06 WIB
Ilustrasi jenazah mayat korban. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 12 perempuan tewas akibat tertimbun longsor ketika menambang emas di lokasi tambang rakyat, di Desa Bandar Limabung, Kecamatan Lingga Bayu, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, Kamis (28/4/2022) sore.

Kapolres Mandailing Natal AKBP HM Reza Chairul AS mengatakan semua jasad telah dievakuasi.

"Benar. Ada 12 warga, ibu rumah tangga, yang tertimbun tanah bebatuan dan lumpur, saat melakukan aktivitas tambang di Kecamatan Lingga Bayu," ungkap Reza dikutip dari Kompas.com, Jumat (29/4/2022).

Kapolres menyatakan, tempat kejadian yang memakan nyawa ini adalah lahan milik warga yang dijadikan lokasi penambangan rakyat dengan metode tradisional.

Baca Juga: Kecelakaan Truk Maut di Manokwari, 18 Orang Petambang Emas Tewas

Katanya, sebelum kejadian, sejumlah orang masuk ke dalam lubang yang sudah digali untuk mencari emas menggunakan tembilang.

Lalu butiran yang didapatkan kemudian diletakkan di dalam ember dan selanjutnya didulang secara manual.

"Tiba-tiba ada bagian tebing yang longsor, kemudian menimpa serta menimbun orang-orang yang ada di bawahnya yang masuk ke dalam lubang," ujar Kapolres.

Menurut Reza, hingga saat ini, pihaknya masih melakukan identifikasi untuk mendapatkan informasi pasti berapa jumlah warga yang menjadi korban.

Baca Juga: BREAKING NEWS! Kecelakaan Truk Petambang Emas di Pegunungan Arfak, Papua, 16 Orang Tewas

Penulis : Kiki Luqman Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU