> >

Kawal Demo Mahasiswa 11 April, Wakapolda Jabar Instruksikan Personel Tak Bawa Senjata Api

Peristiwa | 10 April 2022, 22:07 WIB
Ilustrasi. Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) memastikan para personelnya tidak membawa senjata dalam mengawal demo 11 April 2022. (Sumber: Kompas.com/Sonya Teresa )

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tak hanya di DKI Jakarta, aksi demonstrasi mahasiswa yang digelar besok, Senin (11/4/2022), juga bakal diadakan di berbagai daerah, salah satunya Jawa Barat.

Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) memastikan bahwa para personelnya tidak membawa senjata dalam mengawal demo 11 April 2022.

Hal ini disampaikan Wakapolda Jabar Brigjen Pol Bariza Zulfi usai apel persiapan Direktorat Pengamanan Objek vital (Ditpamobvit) Polda Jabar di Bandung, Minggu (10/4/2022).

"Bagi anggota yang membawa senjata, simpan saja di rumah di tempat yang benar-benar aman," kata Bariza dikutip dari Kompas.com, Minggu.

Mengingat, lanjut dia, senjata hingga tongkat tidak diperlukan saat mengawal aksi unjuk rasa mahasiswa besok.

Pada kesempatan itu, Bariza juga menyampaikan kepada jajarannya, untuk bersikap persuasif pada saat mengawal para mahasiswa.

"Karena besok kegiatan adek-adek mahasiswa, mereka penerus bangsa, menunjukkan bahwa kita akan melayani dan mengamankan mereka, yang penting tidak ada pihak lain yang menyusup," ujarnya.

Baca Juga: BEM SI Harap Aparat Tidak Represif terhadap Peserta Demo Mahasiswa 11 April 2022

"Oleh karena itu, tidak perlu kita menggunakan tongkat-tongkat untuk melaksanakan pengamanan. Kita layani dan amankan sebagai anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa," tegasnya. 

Di sisi lain, Bariza menuturkan, apel persiapan Ditpamobvit Polda Jabar ini untuk melayani aksi unjuk rasa mahasiswa.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas.com


TERBARU