> >

Ganjar Rahasiakan Lokasi Pengambilan Tanah dan Air yang Dibawa ke IKN, Sebut dari Pusat Bumi

Sosial | 14 Maret 2022, 12:00 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (masker merah putih), merahasiakan asal air dan tanah yang dibawanya ke lokasi calon ibu kota negara baru, namun ia menyebut dari pusat bumi. (Sumber: Pemprov Jateng)

SEMARANG, KOMPAS.TV – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merahasiakan asal air dan tanah yang dibawanya ke lokasi calon ibu kota negara baru, namun ia menyebut dari pusat bumi.

Melansir laman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Senin (14/3/2022), pernyataan Ganjar itu disampaikan setibanya di Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022).

“Air dan tanah yang diminta presiden sudah saya bawa. Dari mana air dan tanah itu saya ambil, ya rahasia,” candanya saat ditanya awak media..

Meski demikian, Ganjar menjelaskan, tanah dan air yang dibawanya diambil dari sejumlah gunung yang diyakini menjadi pusar bumi atau pusatnya dunia.

Lokasi pengambilan air dan tanah itu juga dikonsultasikan Ganjar pada para sesepuh Jawa.

“Jawa Tengah itu ada beberapa lokasi yang dikenal sebagai pusar bumi. Jadi pusatnya bumi itu ada di Jawa Tengah, lokasi yang jadi pusat kebudayaan, ada peninggalan leluhur dan lainnya.”

“Ya orang tua kan lebih paham, makanya kemudian tanah dan air dari lokasi itulah yang saya bawa,” ujarnya menerangkan.

Baca Juga: Momen Penyatuan Tanah dan Air di IKN Nusantara: Diawali Anies Baswedan dan Ditutup Isran Noor

Mengenai permintaan Presiden RI, Joko Widodo kepada 33 gubernur untuk membawa tanah dan air ke IKN, dia menyebut itu penuh makna.

Tanah dan air yang dibawa merupakan simbol persatuan dan kesatuan.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU