> >

Wagub DKI: Volume Sampah di Sungai Jakarta selama 3 Bulan Melebihi Besarnya Monas

Peristiwa | 20 Februari 2022, 17:32 WIB
Ilustrasi. Sampah yang diangkut dari sungai di Jakarta selama periode Oktober hingga Desember 2021, jika ditumpuk tingginya setara dengan 2,5 kalinya bangunan Monas. (Sumber: Kompas.id/Aguido adri)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan, pada Oktober hingga Desember 2021 pihaknya berhasil mengangkut 121.433,53 meter kubik sampah dari sungai-sungai di ibu kota.

Riza menyebut jumlah volume sampah tersebut melebihi besarnya Monumen Nasional (Monas). 

Pernyataan ini disampaikan orang nomor dua di DKI Jakarta itu dalam akun Instagram resminya, @arizapatria, Minggu (20/2/2022). 

"Usut punya usut, akumulasi volume sampah yang ada di sungai selama 3 bulan itu jika diumpamakan ternyata bisa melebihi besarnya Monas!" kata Riza dalam keterangan unggahannya. 

Bahkan dia menyebut, berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, jika sampah yang diangkut ini ditumpuk, maka tingginya akan setara dengan 2,5 kalinya bangunan Monas. 

Sebagai informasi, bangunan Monas yang berdiri di atas lahan seluas 80,3 hektare ini memiliki tinggi 132 meter.

"Ini (tumpukan sampah) setara dengan 2,5 gedung Monas," ujar Riza dalam gambar unggahannya.

Politikus Gerindra ini merasa miris dengan tumpukan sampah tersebut, dan mengingatkan kepada masyarakat bahwa sungai bukanlah tempat untuk membuang sampah.

"Wah, parah ya? Padahal sungai itu BUKAN tempat sampah lho," tegas dia. 

Baca Juga: Gerakan Bersama Puputan Sampah Plastik Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU