> >

Status Gunung Tangkuban Parahu Normal, Wisatawan Diminta Tidak Turun dan Beraktivitas di Dasar Kawah

Peristiwa | 14 Februari 2022, 09:14 WIB
Salah satu potret kawah di Gunung Tangkuban Parahu, jawa Barat (Sumber: Kompas TV/Nurul Fitriana)

BANDUNG, KOMPAS.TV – Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat, muntahkan asap solfatara. Status gunung masih level 1 atau normal.

Informasi itu berdasarkan siaran pers dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), pada Minggu (13/2/2022).

"Saat ini tingkat aktivitas Gunung  Tangkuban Parahu ditetapkan pada Level I (Normal)," kata Kepala PVMBG Andiani dalam keterangannya.

Andiani memastikan bahwa aktivitas vulkanik di Gunung Tangkuban Parahu itu masih berstatus normal.

Walaupun pada Sabtu (12/2/2022) Kawah Ecoma Gunung Tangkuban Parahu sempat muntahkan asap solfatara berwarna putih disertai dengan gemuruh.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada wisatawan dan pengelola wisata di Gunung Tangkuban Parahu untuk tidak turun dan beraktivitas di dasar kawah.

Baca Juga: Gunung Tangkuban Parahu dalam Catatan Sejarah 1829 hingga 2019: Meletus Sebanyak 13 Kali

"Rekomendasi agar masyarakat tidak turun ke dasar Kawah Ratu dan tidak mendekati/beraktivitas di sekitar kawahkawah aktif lain yang berada di G. Tangkuban Parahu," kata Andiani.

Diketahui pada hari biasanya, wisatawan diperbolehkan untuk turun dan beraktivitas di sekitar kawah. Salah satunya di Kawah Domas mulai dari merendam kaki hingga aktivitas memasak telur.

Meski PVMB menyebut status Tangkuban Parahu normal, pihaknya akan mengevaluasi kembali pada dua hingga tiga hari ke depan.

Penulis : Nurul Fitriana Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU