> >

Sultan HB X Minta PTM 100 Persen Dievaluasi, Buntut Kasus Covid-19 Kembali Melonjak di DIY

Peristiwa | 28 Januari 2022, 22:34 WIB
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X (HB X). (Sumber: Kompas.com/Wisang Seto Pangaribowo)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus Covid-19 kembali melonjak di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hal itu membuat Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (HB X) meminta adanya evaluasi pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen, Jumat (28/1/2022).

HB X berharap pembelajaran selain untuk jenjang di bawah SMP kalau bisa dikurangi atau diberhentikan. Sementara SMP ke atas diterapkan PTM 50 persen.

"Saya minta untuk mereka anak-anak supaya ada pertimbangan kalau bisa untuk diberhentikan atau dikurangi. Kalau SMP atau SMA, saya mohon tidak 100 persen tapi 50 persen nunggu," jelasnya dikutip dari Kompas.com, Jumat.

Baca Juga: Muncul Klaster Covid-19 di SMA Warga, Gibran Pastikan PTM Solo Tetap Jalan

HB X juga mengingatkan bahwa PTM diberhentikan sementara waktu atau ditutup jika ditemukan kasus Covid-19 di sekolah tertentu. 

"Kalau yang ada OTG, langsung ditutup. Saya mohon sekolah di masing-masing kabupaten melihat itu dalam konteks perkembangan yang ada," jelas HB X.

Sementara Kabag Humas dan Protokol Pemerintah DIY Ditya Nanaryo Aji mengungkapkan, kasus Covid-19 pada Jumat (22/1) bertambah 69 kasus.

Baca Juga: Ini Alternatif yang Disiapkan Pemkab Sleman soal PTM 100 Persen jika Kasus Covid-19 Terus Meningkat

"Distribusi kasus Kota Yogyakarta sebanyak 12 kasus, Kabupaten Bantul 17 kasus, Kulonprogo 2, Gunungkidul 1 kasus, Sleman 37 kasus," jelasnya dalam keterangan tertulis.

Dari temuan tersebut, total kasus orang terjangkit virus corona di DIY menjadi 157.281.

Penulis : Danang Suryo Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas.com


TERBARU