> >

Hadapi Bencana Banjir, Tiga Kabupaten di Kalsel Siagakan Lumbung Sosial

Berita daerah | 16 Desember 2021, 16:18 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Sejumlah daerah rawan bencana di Kalimantan Selatan mendapat bantuan logistik dan dibentuk   lumbung social atau tempat penyimpanan logistik untuk menghadapi dampak bencana.

Baca Juga: Perbaikan Jalan Menteri 4 Martapura Terancam Tidak Selesai di Akhir Tahun 2021

Saat ini lumbung sosial disiagakan di  tiga kabupaten, yakni di Kabupaten Hulu Sungai Tengah pada tiga kecamatan yakni  Kecamatan Hantakan, Pandawan dan Barabai.

Kemudian di Kabupaten Kota Baru, lumbung social disiapkan di empat kecamatan yakni di Sampanahan, Hampang, Sampangan dan Pulau Sembilan.

Sedangkan di Kabupaten Tapin difokuskan disalurkan di dua kecamatan yakni di Kecamatan Candi Laras Selatan dan Kecamatan Candi Laras Utara.

Di lumbung sosial tersebut selain logistik bahan konsumsi dan non konsumsi juga disiapkan alat penyaring untuk penyediaan air bersih.

"Kita persiapkan lokasi yang bisa kita tempatkan bantuan logistik semua di lumbung sosial," terang Kasi Perlindungan Sosial Bencana Alam Dinsos Kalsel, Ahmadi.

Baca Juga: Geger! Sebuah Rumah di Banjarmasin Tiba-tiba Ambruk, Hancur dan Perlahan Ambles

Logistik dari lumbung sosial akan segera disalurkan jika terjadi bencana di kawasan tersebut.

Sementara selain dari dari APBD, buferstok logistik Kalimantan Selatan disebut masih dalam kondisi aman tercukupi dengan tambahan enam container dari kementerian social.

Penulis : KompasTV-Banjarmasin

Sumber : Kompas TV


TERBARU