> >

Ratusan Brimob Polda Kalteng Dikerahkan ke Papua untuk Perangi KKB

Peristiwa | 14 Desember 2021, 11:01 WIB
Pasukan satuan Brimob Detasemen C Polda Jateng saat mengikuti apel gabungan yang digelar di Mapolresta Surakarta, Kamis (2/12/2021). (Sumber: Kompastv/Ant)

PALANGKA RAYA, KOMPAS.TV - Sebanyak 122 personel Satuan Brigade Mobil atau Brimob dari Polda Kalimantan Tengah dikerahkan ke Papua untuk memerangi ganggguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). 

Namun, sebelum dikirim ke Papua, mereka terlebih dahulu akan diberangkatkan ke Jakarta. Ratusan Brimob itu akan berada di Ibu Kota selama sebulan.

Baca Juga: Penjelasan Polda Metro soal Brimob Desak Mundur Massa Reuni 212 dari Kawasan Patung Kuda

Kapolda Kalteng Irjen Nanang Avianto melalui Kabid Humas Kombes Kismanto Eko Saputro mengatakan ratusan Brimob itu akan mengikuti pelatihan selama berada di Jakarta.

“Mereka selama satu bulan di Jakarta akan mengikuti latihan, setelah itu 105 personel Brimob Polda Kalteng diberangkatkan ke Papua untuk memerangi KKB,” kata Nanang dalam keterangannya di Palangka Raya yang dikutip pada Selasa (14/12/2021).

Adapun sisanya sebanyak 17 personel akan mengikuti pelatihan Aman Nusa Satu yang juga dilaksanakan di Jakarta.

Baca Juga: TNI-Polri Tembak Mati Satu Anggota KKB di Intan Jaya, Terungkap Identitasnya

Nanang mengatakan, personel Brimob yang dikirim ke Papua rencananya akan bertugas paling lama enam bulan. Namun, tidak menutup kemungkinan masa tugas akan diperpanjang sembari melihat situasi di Papua.

"Sebenarnya hal ini merupakan tugas rutin yang dilakukan, dalam rangka untuk menumpas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah tersebut," ucap Nanang.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu menegaskan, Kapolda Kalteng sebelum melepas ratusan personel Brimob tersebut berpesan agar seluruh personel selalu menjaga soliditas, jiwa korsa, loyalitas dan selalu bersemangat dalam melaksanakan tugas.

Penulis : Tito Dirhantoro Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU