> >

Viral Penampakan Puting Beliung di Laut Bali, Warga Diimbau untuk Menjauh!

Viral | 12 November 2021, 19:34 WIB
Ilustarsi tangkapan layar dari fenomena waterspout atau pusaran angin di laut yang terjadi. Dalam video yang beredar, lokasi kejadian berada di Pinjok Batu Singaraja, Bali. (Sumber: Kompas.com)

BALI, KOMPAS.TV - Penampakan puting beliung di laut Bali viral di media sosial. Dalam video yang beredar, lokasi kejadian berada di Pinjok Batu, Singaraja, Bali.

Unggahan video berdurasi 9 detik itu direkam melalui mobil dan menampilkan fenomena putaran menyerupai tornado yang berada di atas laut.

Banyak netizen mengira fenomena yang tengah terjadi adalah puting beliung. Beberapa orang lain meragukan peristiwa tersebut.

Menanggapi kejadian tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) buka suara.

Baca Juga: Viral Fenomena Puting Beliung Putih di Jeneponto, Ini Penjelasan BMKG

Koordinator Bidang Data dan Informasi Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Bali, Dwi Hartanto mengungkapkan, fenomena itu bukanlah puting beliung.

Dwi menyatakan fenomena yang viral itu adalah waterspout. 

"Bukan (puting beliung). Kalau puting beliung di darat, kalau di laut namanya waterspout. Waterspout adalah fenomena seperti puting beliung, tetapi terjadi di atas perairan (dapat berupa danau maupun laut)," ujarnya dikutip dari Kompas.com, Jumat (12/11/2021).

Laporan Kompas.com menyatakan, fenomena serupa pernah terjadi di perairan Ponjok Satu, Tejakula, Buleleng, Bali setahun lalu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng Ida Bagus Suadnyana menyatakan, peristiwa tersebut kerap terjadi di kabupaten tersebut.

Penulis : Danang Suryo Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas.com


TERBARU