> >

Ganjar akan Bantu Usulkan Gelar Pahlawan Nasional untuk Pejuang Aceh Berjuluk Singa Betina

Berita daerah | 9 November 2021, 21:33 WIB
Ganjar Pranowo akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait pengajuan gelar pahlawan nasional untuk Singa Betina, julukan untuk Pocut Meurah Intan. (Sumber: Pemprov Jateng)

BLORA, KOMPAS.TV – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait pengajuan gelar pahlawan nasional untuk "Singa Betina" dari Aceh, julukan untuk seorang pejuang wanita bernama Pocut Meurah Intan.

Hal itu disampaikan Ganjar seusai berziarah ke makam Pocut Meurah Intan, di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Selasa (9/11/2021).

Saat itu, Ketua Persaudaraan Antar-Etnis Nusantara (Perantara) Muhammad Zulkifli, menyerahkan map berwarna biru ke Ganjar.

Map itu berisi usulan pemberian gelar pahlawan nasional pada Pocut Meurah Intan. Usulan itu ditandatangani Perantara bersama Ikatan Pelajar Aceh Semarang dan Ikatan Masyarakat Aceh Semarang.

“Ini pak, kami mengusulkan agar Pocut Meurah Intan mendapat gelar pahlawan nasional. Kami berharap Pak Ganjar bisa membantu mewujudkan itu,” kata Zulkifli, seperti tertulis dalam keterangan resmi Pemprov Jateng.

Baca Juga: Ganjar Sebut Jateng Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem di Akhir Tahun, Semua Pihak Diminta Siaga

Ganjar mengatakan akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait pengajuan gelar pahlawan nasional.

“Tentu akan kami bantu karena itu bentuk penghormatan kita. Darimana pun berada, ya inilah Indonesia. Segera kami ajukan,” katanya.

Makam Pocut Meurah Intan terletak di tempat pemakaman umum Desa Tegal Sari, Kabupaten Blora. Bentuk dan batu nisannya berbeda dengan sejumlah nisan lain, dengan tulisan arab yang mencolok.

Pocut Meurah Intan dibuang ke Blora hingga meninggal di sana. Meski dikenal sebagai pejuang besar, Pocut tidak dimakamkan di taman makam pahlawan.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU