> >

DPR RI Dapil Papua Barat Suarakan Penolakan Pembangunan Smelter Di Gresik

Berita daerah | 18 Oktober 2021, 18:18 WIB

SORONG, KOMPAS.TV - Anggota DPR RI dapil Papua Barat dari partai Nasdem, Rico Sia dengan tegas telah menyuarakan penolakan pembangunan smelter di Gresik Jawa Timur. Menurutnya PT Freeport Indonesia harus membangun smelter di tanah Papua.

Hadir dalam sosialisasi pemetaan batas desa dan kampung di kota Sorong, anggota DPR RI komisi VII, dapil Papua Barat, menyampaikan pandangannya terkait pembangunan smelter milik PT Freeport Indonesia yang perlu di bangun di Papua, agar dapat di rasakan oleh seluruh masyarakat Papua.

Jika smelter tersebut di bangun di gresik maka perputaran perekonomian hanya terjadi di Gresik, jika di bangun di Papua maka perputaran perekonomian juga berputar di Papua, sekaligus nantinya dapat mendukung pemulihan lingkungan, tempat terjadinya pengerukan tersebut.

Sementara belum bisa di bangunnya smelter di Papua, karena masih adanya permasalahan  soal investasi saham, yang harus segera diselesaikan. Sehingga hal ini perlu segera diperhatikan oleh pemerintah Provinsi Papua dan kabupaten Mimika.

Tawaran solusi pembukaan cabang smelter di Papua bisa menjadi masukan yang cukup membuka ruang kerja baru di Papua, dengan demikian dapat meraup lapangan kerja baru dengan mengoptimalkan tenaga di Papua, dengang sendirinya bisa memperbaiki ekonomi di Papua dan Papua Barat.

#SorongPapuaBarat #DPRRI #PembangunanSmelter

Penulis : KompasTV-Sorong

Sumber : Kompas TV


TERBARU