> >

Tak Penuhi Syarat, Ribuan Wisatawan Ditolak Masuk ke Objek Wisata Batu

Wisata | 8 Oktober 2021, 10:22 WIB
Taman rekreasi Selecta Batu-Malang (Sumber: kompas.com)

BATU, KOMPAS.TV – Ribuan wisatawan terpaksa ditolak saat datang ke dua objek wisata di Kota Batu, Jawa Timur lantaran terkendala regulasi pencegahan penularan Covid-19.

Manajer Pemasaran dan Humas Jatim Park Grup Titik S Arianto mengatakan, tidak semua wisatawan bisa masuk tempat wisata. Ia tak menampik jika banyak wisatawan terpaksa ditolak akibat batas minimal umur pengunjung, dan syarat vaksinasi.

Jumlah wisatawan yang ditolak diperkirakan mencapai ribuan orang.

”Kalau tidak ada regulasi, mungkin jumlahnya bisa lebih banyak lagi. Saat akhir pekan, jalanan macet karena mereka tidak terbagi ke lokasi-lokasi wisata. Mereka tidak bisa masuk,” ujarnya, Kamis (7/10/2021), dikuti dari Kompas.id.

Adapun Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq menjelaskan, semua destinasi wisata, hotel, restoran, dan kafe telah siap melayani wisatawan.

Akan tetapi, karena PPKM masih level 3, baru dua destinasi wisata yang sudah boleh dibuka. Tempat lainnya bisa buka apabila Batu sudah berstatus PPKM level 2.

Status PPKM level 2 dipengaruhi vaksinasi dan aglomerasi antara Kota Batu bersama daerah lain di sekitarnya.

Saat ini, cakupan vaksinasi dosis 1 di Batu mencapai 136.211 (82,59 persen) dan dosis 2 sebanyak 55.187 (33,46 persen).

Baca Juga: Kawasan Bromo Kembali Ditutup untuk Wisatawan hingga Batas Waktu yang Tak Ditentukan

”Kalau Batu sendiri kita siap, termasuk QR code Peduli Lindungi. Kami juga telah optimal menyiapkan semua usaha wisata mengurus itu. Memang sebagian masih proses, sebentar lagi selesai. Juga sertifikat CHSE (kebersihan, kesehatan, keamanan, dan ramah lingkungan),” katanya.

Penulis : Fransisca Natalia Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV/Kompas.id


TERBARU