> >

Keraton Yogyakarta Lakukan Renovasi Besar-besaran, GKR Bendara: Ada Dawuh Ngarsa Dalem

Sosial | 28 September 2021, 21:03 WIB
Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Nityabudaya Keraton Yogyakarta, GKR Bendara (Sumber: Kompas.tv/Ant)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Keraton Yogyakarta tengah melakukan renovasi besar-besaran, baik pada eksterior maupun interior bangunan, tanpa mengubah esensi dari nilai-nilai budaya yang melekat.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Nityabudaya Keraton Yogyakarta, GKR Bendara, dalam Webinar Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2021, Selasa (28/9/2021).

Menurut putri kelima Sultan Hamengku Buwono X ini, sang ayah yang merupakan Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, meminta kelima puterinya melakukan 'repackaging budaya' atau pengemasan ulang penyajian budaya keraton secara kekinian sehingga lebih menarik generasi milenial.

Baca Juga: Ini Titah Raja Keraton Yogyakarta ke Warga Pakem

"Ngarsa Dalem X (Sultan HB X) dawuh (mengatakan) kepada saya dan kakak-kakak saya untuk repackaging (mengemas ulang) budaya (keraton)," kata dia.

Bendara menambahkan, Sultan HB X mengungkapkan keinginannya agar Keraton Yogyakarta bisa lebih membuka diri.

Renovasi yang dilakukan di Keraton Yogyakarta tersebut merupakan wujud dari repackaging budaya yang diperintahkan oleh Sultan.

"Ngarsa Dalem dawuh kepada kami berlima bagaimana kami bisa membuka diri kepada generasi-generasi penerus saat ini dengan cara yang lebih kekinian," ujar putri bungsu Sultan HB X ini.

Bendara juga menyebut sejumlah renovasi yang dilakukan, di antaranya Museum Keraton Yogyakarta.

Museum itu, kata dia, tengah direnovasi dengan memanfaatkan teknologi serta cara penyampaian yang mampu menyentuh generasi muda.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV/Antara


TERBARU