> >

Pasca Serangan KKB, 17 Warga Kiwirok Dievakuasi

Berita daerah | 26 September 2021, 09:51 WIB

KOMPAS.TV - Polisi mengevakuasi 17 warga sipil dari Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang Papua. Mereka memilih keluar dari Distrik Kiwirok, karena takut menjadi sasaran kekerasan yang dilakukan kelompok teroris di Papua.  

Satgas nemangkawi tiba di Distrik Kiwirok pada Sabtu pagi Waktu Indonesia Timur.

Dengan pengamanan ketat, 17 warga sipil dievakuasi yang dibagi dalam dua kloter penerbangan.

Mereka terdiri dari tenaga pendidik, para pekerja, serta masyarakat.

Mereka diungsikan setelah sebelumnya mengungsi secara mandiri di Pos Satgas Pamtas TNI, pasca aksi penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada 13 September lalu.

17 warga yang dievakuasi langsung dibawa ke Polres Pegunungan Bintang. Polisi mengatakan belasan warga ini selanjutnya akan menjalani pemeriksaan kesehatan termasuk trauma healing. 

Sementara itu, tenaga kesehatan Gerald Sokoy yang dinyatakan hilang saat penyerangan kelompok teroris di Kiwirok, Papua telah dijemput Pemerintah Daerah Kabupaten Pegunungan Bintang.

Setelah dibebaskan, Gerald Sokoy langsung dibawa ke Jayapura. Gerald Sokoy pun langsung diserahkan ke keluarga untuk bisa pulang ke kampung halamannya. Tim penjemputan mengatakan berhasil membebaskan Gerald Sokoy setelah melakukan pendekatan kepada kelompok teroris melalui tokoh agama di Distrik Okhika.

Penulis : Luthfan

Sumber : Kompas TV


TERBARU