> >

Unjuk Rasa Peringatan Hari Tani Diwarnai Kericuhan

Berita daerah | 24 September 2021, 17:45 WIB

BLITAR, KOMPAS.TV - Kericuhan ini terjadi saat ratusan petani dan mahasiswa berunjuk rasa di depan kantor Pemerintahan Kabupaten Blitar. Massa yang kesal akibat tidak ditemui oleh bupati nekat menjebol pagar yang dijaga oleh polisi.

Akibatnya, aksi saling dorong antara polisi dan petani pun tidak bisa dihindarkan. Meski begitu massa bisa ditenangkan dan dihalau keluar oleh aparat kepolisian yang berjaga.

Dalam unjuk rasa ini massa menuntut Pemerintah Kabupaten Blitar segera menyelesaikan konflik lahan yang terjadi di 7 lokasi. Menurut massa selama ini Pemerintah Blitar seolah diam dan membiarkan konflik lahan tersebut terus berlangsung.

Massa juga menuntut agar Pemerintah Kabupaten Blitar agar memperhatikan nasib petani yang kini kondisinya jauh dari kata sejahtera. Mahalnya pupuk serta murah harga jugal, juga ikut disuarakan massa dalam unjuk rasa tersebut.

Dalam unjuk rasa ini, massa juga menyoroti masih adanya aksi kriminalisasi yang dialami oleh sejumlah petani di desa Kruwok Kabupaten Blitar. Massa berharap Pemkab Blitar dapat segera mengambil sikap, sehingga tidak ada lagi kasus seperti itu.

#Blitar #Demo #Tani #Petani #Beritakediri

Penulis : KompasTV-Kediri

Sumber : Kompas TV


TERBARU