> >

Hari Ini Presiden Jokowi di Lampung akan Resmikan Bendungan Way Sekampung dan Cek Vaksinasi

Berita daerah | 2 September 2021, 05:15 WIB
Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu. (Sumber: Kompas.tv/Ant/HO-Humas Kementerian PUPR)

LAMPUNG, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Kamis (2/9/2021) diagandekan melakukan kunjungan kerja (kerja) di Provinsi Lampung.

Salah satu agenda utama yakni meresmikan Proyek Bendungan Way Sekampung yang berada di Kabupaten Pringsewu, Lampung berkapasitas 68,06 juta meter kubik.

"Proyek Bendungan Way Sekampung ini memakan waktu sekitar lima tahun pembangunan dimulai sejak tahun 2016 lalu," ujar Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung, Alexander Leda, Rabu (1/9/2021) melansir Antara.

Baca Juga: Pemkot Bandar Lampung Tanggapi Teguran Mendagri Terkait Insentif Tenaga Kesehatan

Menurutnya, dengan kapasitas tampung total bendungan tersebut mencapai 68,09 juta meter kubik serta luas genangan 800 hektare. Pelaksanaan pembangunan fisik telah 100 persen tercapai.

"Secara umum sudah terbangun 100 persen, tinggal beberapa pekerjaan penunjang saja yang akan dikerjakan setelah peresmian," ucapnya.

Dengan tinggi bendungan 47 meter panjang 365 meter Bendungan Way Sekampung masuk dalam skema pengelolaan sungai Way Sekampung.

"Bendungan ini terintegrasi dari Bendungan Batutegi lalu mengalir ke Bendung Agroguruh, hingga ke Bendungan Margatiga yang juga terkoneksi dengan beberapa sungai seperti Way Merabung, Way Bulak. Jadi ini dalam satu sistem yang tujuannya membantu pemenuhan kebutuhan air dan mendukung infrastruktur sumber daya air," katanya.

Baca Juga: Lima Kabupaten di Provinsi Lampung Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Secara Terbatas

Berdasarkan data Kementerian PUPR biaya yang telah dikeluarkan untuk pembangunan Bendungan Way Sekampung tersebut berkisar Rp2,07 triliun. Waktu pembangunan mencapai lima tahun.

Penulis : Gading Persada Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/Antara


TERBARU