> >

Kabar Baik BOR Jabar Turun, Ridwan Kamil Usul Pengetatan Skala Mikro

Berita daerah | 31 Juli 2021, 07:45 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Sumber: Dok. Humas Pemprov Jabar)

BANDUNG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengaku akan mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk dapat kembali menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro. 

Usulan tersebut, kata Ridwan Kamil, seiring adanya penurunan terhadap tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit (Bed Occupancy Rate/BOR) di Jabar setiap minggunya.

"Pengetatan-pengetatan akan kami usulkan kepada pemerintah pusat supaya berbasis mikro," kata Ridwan Kamil seperti yang dikutip dari laman Pemprov Jabar, Sabtu (31/7/2021). 

Hal ini, lanjut pria yang kerap disapa Kang Emil, dikarenakan tidak semua wilayah memiliki kondisi kedaruratan yang sama.

Menurut penjelasannya, terdapat beberapa wilayah mikro di Jabar berstatus zona hijau yang tidak perlu pembatasan yang terlalu ketat.

"Agar lebih adil di dalam satu tempat mungkin ada yang merah tapi ada juga yang hijau harusnya tidak dipersamakan seperti yang dialami sebulan terakhir," tegasnya. 

Sementara itu, Kang Emil memaparkan, sebelumnya tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit Jabar pascalibur Idulfitri terus menanjak dan sempat menyentuh 90 persen. 

Baca Juga: Kurangi Ketergantungan APBD, Ridwan Kamil Lobi 70 Perusahaan Cari Dana untuk Tangani Covid-19

Namun, pada Jumat (30/7/2021), dia mengatakan, tingkat BOR di rumah sakit di Jabar telah turun di angka 55,17 persen.

Angka tersebut, kata dia, sudah di bawah batas aman yang ditentukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO yakni 60 persen. 

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/Laman Pemprov Jawa Barat


TERBARU