> >

Kemenkumham Salurkan 46 Ribu Paket kepada Masyarakat Terdampak Covid-19

Berita daerah | 29 Juli 2021, 16:41 WIB
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) berupaya membantu masyarakat dengan menyalurkan lebih dari 46 ribu paket secara nasional, serentak kepada masyarakat di seluruh Indonesia. (Sumber: Humas Kanwilkumham sulsel)

JAKARTA, KOMPAS.TV - pandemi Covid-19 telah  memunculkan keprihatinan bagi masyarakat Indonesia, seperti naiknya angka kemiskinan melonjaknya pengangguran.

Dengan  kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, terdapat tren penurunan mobilitas. Ini faktor penting dalam  pemutusan transmisi Covid-19.

Dengan  PPKM. Kasus aktif, positivity rate, dan kasus harian menurun,  terjadi peningkatan kesembuhan pada pekan ketiga  PPKM.

Peningkatan ini harus dibarengi dengan optimisme , Masyarakat juga harus memberikan dukungan seperti mematuhi protokol kesehatan, PPKM, dan mengikuti vaksinasi.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) berupaya membantu masyarakat dengan menyalurkan lebih dari 46 ribu paket secara nasional, serentak kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

 “Insan Pengayoman melalui program pemberian bantuan sosial “Kumham Peduli, Kumham Berbagi”, mencoba turut berempati kepada masyarakat dan ASN Kemenkumham yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar menkumham  Yasonna saat memberikan bantuan sosial secara simbolis, Kamis (29/07/2021) pagi.

Melalui program bantuan sosial yang dikoordinasikan oleh Sekretaris Jenderal, tercatat Kemenkumham memberikan total bantuan sosial sebanyak 46.614 paket dan dana sosial sebesar 700 juta rupiah.

Paket tersebut diberikan kepada masyarakat di seluruh Indonesia, yang terdiri atas 43.558 kepala keluarga yang terdampak langsung pandemi Covid-19, serta kepada 3.056 orang ASN Kemenkumham yang terpapar Covid-19. 

Sedangkan dana sosial diberikan kepada tujuh Kantor Wilayah Kemenkumham yang saat ini menerapkan PPKM Level 4, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Adapun paket bantuan sosial Kumham Peduli Kumham Berbagi per orang diberikan dalam bentuk beras, minyak goreng, gula, mie instan, sarden, dan susu. “Kegiatan kita pada hari ini adalah bagian dari kepedulian kepada masyarakat dan saudara kita sesama pegawai yang terpapar Covid-19. Ini merupakan bentuk kepedulian, jiwa sosial, rasa welas asih serta semangat untuk berbagi,” kata Yasonna di lapangan upacara Kemenkumham.

Penulis : KompasTV-Makassar

Sumber : Kanwilkumham Sulsel


TERBARU