> >

Panen Sayuran Untuk Bantu Warga Isoman

Berita daerah | 20 Juli 2021, 13:56 WIB

SEMARANG, KOMPASTV - Kelurahan Karang Ayu, Kota Semarang, membantu warganya yang sedang melakukan dengan membagi-bagikan hasil panen sayuran. Kebun sayur yang dikelola oleh ibu-ibu PKK ini, dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitar rumah warga. 

Dimasa sulit seperti pandemi saat ini, keberadaan kebun sayur yang dikelola oleh ibu-ibu PKK Kelurahan Karang Ayu, sangat dirasakan manfaatnya. Hasil panen kebun seperti  terong, daun ubi jalar, cabe, pare dan sayuran lain, bisa dimanfaatkan untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. Hasil panen ini oleh pengurus PKK akan diberikan ke rumah warga yang melakukan isoman. Sayuran ini diharapkan bisa membantu di saat warga tidak beraktifitas keluar rumah. Hampir setiap RT di Kelurahan Karang Ayu memiliki kebun sayur dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitar rumah. 

Sutartik, Lurah Karang Ayu mengatakan, pihaknya memang menganjurkan kepada warga untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah. Selain bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pribadi, juga bisa dipakai untuk membantu tetangga yang sedang isoman. Berdasarkan data, untuk warga isoman di Kelurahan Karang ayu, saat ini mengalami penurunan drastis. Sebelumnya ada 60 warga yang melakukan isoman, namun berkat jogo tonggo yang dilakukan Kelurahan, warga isoman saat ini tingga 6 orang. 

#isoman #jogotonggo #sayuranuntukwargaisoman 

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU