> >

Kementerian Perhubungan Gandeng UGM Kembangkan Aerotropolis di Wilayah Ibu Kota Baru

Peristiwa | 8 Juni 2021, 18:58 WIB
Desain pusat ibu kota baru sebagaimana dirancang Kementerian PUPR. (Sumber: dok. BBC Indonesia/Kompas.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan UGM menandatangi nota kesepahaman kerja sama pengembangan aerotropolis di wilayah ibu kota baru, Selasa (8/6/2021).  

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Penelitian UGM, Mustofa dan Kapusbalitbang Transportasi Udara Kemenhub, Novyanto Widadi di kantor pusat UGM.

Nota kesepahaman antara UGM dan Kemenhub berlaku satu tahun.

Terhitung sejak tanggal ditandatangani dan dapat diperpanjang untuk jangka waktu tertentu berdasarkan kesepakatan para pihak. 

Ruang lingkup nota kesepahaman bersama yang dilakukan antara lain, penyusunan laporan penelitian yang komprehensif, penyusunan laporan penelitian, ringkasan eksekutif, policy brief serta jurnal, dan pelaksanaan FGD atau webinar serta pertukaran pengetahuan dalam rangka peningkatan kompetensi sumber daya manusia.

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan  Perhubungan (Balitbanghub) Kemenhub, Umar Aris nota kesepahaman bersama ini menjadi langkah awal dalam rangka usaha kerja sama yang saling menguntungkan dengan memanfaatkan potensi, keahlian dan fasilitas yang dimiliki masing-masing pihak untuk mengembangkan Aerotropolis di wilayah sekitar ibu kota baru.

Baca Juga: Polri Minta Tambah Anggaran Rp28,5 T, Dipakai untuk Pengamanan Objek Wisata Hingga Ibu Kota Baru

Balitbanghub Kemenhub memiliki tugas melakukan penelitian dan pengembangan transportasi di tanah air termasuk transportasi udara.

Oleh karena itu, ia berupaya melakukan penelitian untuk menjawab berbagai persoalan dan tantangan di bidang transportasi di Indonesia sekaligus memberikan rekomendasi dalam pengambilan keputusan yang solutif dan bermanfaat bagi bangsa.

Berbagai penelitian di bidang strategis telah dilakukan terkait kemanan transportasi, konektivitas dan aksesibilitas, pengembangan transportasi, sistim transportasi ibukota negara baru,  pengembangan transportasi di dearah 3T, peningkatan SDM dan kelembagaan transportasi dan lainnya.

Penulis : Switzy Sabandar Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU