> >

Sejumlah Daerah di Aceh Diterpa Banjir dan Tanah Longsor Setelah Dilanda Hujan Lebat

Peristiwa | 17 Mei 2021, 20:28 WIB
Satu ruas jalan di Gayo Lues, Aceh, tertutup material longsor, Minggu (16/5/2021). (Sumber: Kompas.id)

BANDA ACEH, KOMPAS.TV – Beberapa daerah di Provinsi Aceh dilanda banjir dan tanah longsor pada Sabtu-Senin (15-17/5/2021). Bencana hidrometereologi tersebut dipicu cuaca buruk. Warga dan pemerintah diminta waspada karena dikhawatirkan terjadi bencana susulan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas, Senin (17/5/2021), mengatakan, banjir terjadi di Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Simeulue, Aceh Barat, dan Aceh Tenggara. Sementara longsor terjadi di Kabupaten Gayo Lues dan Aceh Tengah, dilansir dari laman Kompas.id.

“Di Aceh Tenggara ada delapan desa yang terendam banjir, jumlah warga yang terdampak 688 jiwa. Sebagian mengungsi ke rumah saudara,” terang Ilyas.

Lebih lanjut, ia menerangkan, banjir dipicu sungai meluap karena debit air naik setelah diguyur hujan deras. Petugas di lapangan kini masih mendata jumlah rumah yang terendam banjir.

Baca Juga: Tanggap Darurat Banjir Satui, Tim Tagana Dinsos Kalsel Direncanakan Bertugas Selama Lima Hari

Adapun, di Aceh Tengah, longsor menyebabkan jalan amblas di jalur Kota Takengon dengan Kecamatan Isaq. Badan jalan sepanjang 50 meter amblas karena digerus aliran air dari tebing. Dampaknya arus transportasi terputus.

Selain itu, longsor juga terjadi di Desa Uyem Beriring, Kecamatan Tripe Jaya, pada Minggu sore. Badan jalan tertutup material longsor, tetapi pada Senin bisa dilalui setelah petugas mengerahkan alat berat. ”Kami terus memantau dan bersiaga agar bisa mengurangi dampak bencana,” kata Ilyas.

Rawan Bencana

Aceh sangat rawan dilanda oleh bencana hidrometereologi karena cuaca buruk dan kontur tanah di perbukitan labil. Daerah seperti Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues sangat sering terjadi longsor karena berada di daerah pergunungan. Sementara daerah rendah, seperti Aceh Utara, Aceh Timur, dan Aceh Tamiang, rawan dilanda banjir.

Pada 2018 dan 2019, BPBA mencatat banjir bandang terjadi 19 kali, banjir luapan 130 kali, dan longsor 71 kali. Dalam dua tahun, nilai kerugian dari semua bencana alam di Aceh sebesar Rp1,016 triliun.

Penulis : Fransisca Natalia Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU