> >

Proyek MRT Fase 2 Ditargetkan Rampung Agustus 2027

Peristiwa | 20 April 2021, 11:34 WIB
Proses pembersihan kereta MRT Jakarta di Depo Lebak Bulus (Sumber: KompasTV/Edika Ipelona)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah memulai proyek Moda Raya Transportasi (MRT) fase 2 yang akan dibangun di area Kota Tua. Pembangunan MRT Fase 2 senilai Rp4,6 triliun ini ditargetkan rampung pada Agustus 2027.

“Ini pekerjaan dengan nilai kontrak total Rp4,6 triliun, selama 72 bulan direncanakan selesai,” kata Direktur Utama PT MRT Jakarta, William P Sabandar pada Selasa (20/4/2021).

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan pembangunan MRT Fase 2 akan menghubungkan koridor utara hingga selatan Jakarta.

Ia berharap proyek yang dikembangkan secara terintegrasi ini dapat menghidupkan kembali kawasan kota tua.

Baca Juga: Mulai Hari Ini MRT Jakarta Ubah Jam Operasional, Simak Jadwalnya

“Kawasan ini akan jadi kawasan yang dikembangkan secara terintegrasi dimana unsur Pemprov, pusat, BUMN, BUMN, Swasta akan bekerja bersama untuk menghidupkan kembali kawasan Kota Tua dan transportasi umum jadi salah satu penopang utama,” bebernya.

Dalam kesempatan tersebut, Anies menyampaikan terimakasih kepada Presiden Jokowi yang telah memberikan dukungan luar biasa terhadap pembangunan transportasi umum masal di Jakarta.

Baca Juga: Sepeda Non Lipat Kini Sudah Boleh Masuk MRT dan LRT, Simak Aturannya

Dikutip dari jakartamrt.co.id, proyek pembangunan MRT Jakarta fase 2 membentang sepanjang sekitar 11,8 kilometer dari kawasan Bundaran HI hingga Ancol Barat.

Fase 2 ini melanjutkan koridor utara—selatan fase 1 yang telah beroperasi sejak 2019 lalu, yaitu dari Lebak Bulus sampai dengan Bundaran HI.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU