> >

Istri Pensiunan Polisi Ini Rela Jadi Pemulung karena Uang Pensiun Suami Habis untuk Bayar Utang Bank

Peristiwa | 14 April 2021, 03:11 WIB
Erni menunjukkan foto almarhum suami dan pangkat semasa hidup dan menjalankan tugasnya sebagai polisi, Senin (12/4/2021). (Sumber: KOMPAS.COM/AAM AMINULLAH)

SUMEDANG, KOMPAS.TV - Kisah Erni Marliana, istri pensiunan polisi di Sumedang, Jawa Barat, menyita perhatian publik. Sebab, wanita berusia 61 tahun itu rela menjadi pemulung untuk mencukupi kehidupan sehari-hari.

Setelah sang suami Briptu Awang meninggal dunia pada 2007, warga Dusun Nangkapanda RT 03/04, Desa Mulyasari, Kecamatan Sumedang Utara, itu terpaksa banting tulang menghidupi 7 anaknya.

Baca Juga: Ingat Tidak Usah Nekat Mudik, Polisi Sudah Hafal Modus Pelaku Perjalanan Kalabui Petugas

Erni mengaku, sebenarnya ia masih mendapat uang pensiun peninggalan suaminya. Namun uang itu habis untuk membayar utang bank.

Ketika itu, Erni mengatakan, utang bank suaminya sebesar Rp 2 juta dan menyisakan Rp 200.000 untuk makan.

"Sejak suami meninggal, sisa uang gaji pensiunan ini tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup saya bersama tujuh anak," kata Erni dikutip dari Kompas.com pada (14/4/2021).

Baca Juga: Produsen Senjata Api Dibekuk Polisi, 9 Senpi dan Ratusan Amunisi Disita, 4 Pelaku Dibekuk

"Alhamdulillah, cukup buat makan karena anak juga sekarang sudah pada mandiri. Hidup seadanya seperti ini juga gak apa-apa, yang penting halal, gak nyusahin anak."

Erni sempat menceritakan kondisi mendiang suaminya sebelum meninggal dunia. Suaminya, Briptu Awang, mengalami patah tulang saat menjalankan tugas di Polsek Jatinunggal.

Menurut Erni, sang suami sempat menjalani perawatan sebanyak dua kali di Rumah Sakit Umum Pakuwon, Sumedang.

Penulis : Tito-Dirhantoro

Sumber : Kompas TV


TERBARU