> >

Ritual Pemandian Patung Dewa-Dewi Jelang Perayaan Tahun Baru Imlek

Berita daerah | 8 Februari 2021, 17:53 WIB

KEDIRI, KOMPAS.TV - Jelang hari raya Imlek, ratusan patung dewa-dewi di klenteng Tjoe Hwie Kiong kota Kediri, dimandikan dan disucikan. Masih berlangsungnya pandemi corona, membuat ibadah umat khonghucu ini digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Satu persatu patung dewa dewi di klenteng Tjoe Hwie Kiong kota Kediri ini dimandikan hingga bersih. Dalam ritual ibadah imlek tahun ini, ada 100 patung yang disucikan oleh umat khonghucu di kota Kediri.

Jalannya ibadah penyucian patung pada tahun ini sedikit berbeda akibat masih dalam pandemi corona. Selain penggunaan masker, jumlah umat yang mengikuti upacara pemandian patung ini, juga hanya dibatasi 20 orang saja.

Sebelum memandikan patung, umat khonghucu terlebih dahulu melakukan ibadah secara terbatas. Mereka berharap di tahun baru Imlek 2572 ini pandemi corona dapat segera berakhir dan kehidupan warga Indonesia dapat kembali normal.

Dalam kepercayaan tionghoa pembersihan patung ini merupakan pencerminan diri bagi manusia, agar tidak lupa membersihkan hati.

Selain ibadah yang digelar secara sederhana, nantinya klenteng Tjoe Hwie Kiong juga meniadakan pertunjukan barongsai.

#Kediri #Imlek #Dewa #Barongsai #Beritakediri

 

Penulis : KompasTV-Kediri

Sumber : Kompas TV


TERBARU