> >

Selama Sepekan, 7.366 Orang Ikuti Perjalanan Uji Coba KRL Yogyakarta-Solo

Berita daerah | 8 Februari 2021, 17:29 WIB
Rangkaian kereta listrik (KRL) Yogyakarta-Solo saat berada di Stasiun Maguwo, Yogyakarta, Minggu (31/1/2021). (Sumber: Kompas.tv/Gading Persada)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Selama sepekan, sebanyak 7.366 orang telah mengikuti perjalanan uji coba Kereta Listrik (KRL) Yogyakarta-Solo.

Uji coba KRL pertama di luar KRL Jabodetabek ini berlangsung 1 sampai 7 Februari 2021 lalu.

“Hingga hari terakhir uji coba pada 7 Februari kemarin, sebanyak 7.336 orang telah mengikuti uji coba layanan KRL pertama diluar wilayah Jabodetabek ini,” tutur VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam siaran persnya yang diterima Kompas.tv, Senin (8/2/2021).

Selama satu minggu lalu, kata Anne, masyarakat yang hendak naik KRL diwajibkan melakukan pendaftaran melalui aplikasi KRL Access dan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) maupun kartu uang elektronik bank dengan tarif Rp 1.

Baca Juga: Ada 20 Perjalanan, KRL Yogyakarta-Solo Mulai Beroperasi Penuh 10 Februari 2021

“KAI Commuter mencatat tanggal 7 Februari merupakan hari uji coba dengan jumlah peserta terbesar yaitu 1.226 orang. Dalam pelaksanaannya, uji coba berjalan relatif lancar dan telah mampu menguji keandalan sarana yang beroperasi yaitu rangkaian seri KFW maupun JR 205,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, PT KAI dan KAI Commuter telah mensosialisasikan jadwal perjalanan KRL Yogyakarta - Solo dan KA Prambanan Ekspres (Prameks) yang akan mulai berlaku 10 Februari 2021.

Rencana jadwal perjalanan ini kemudian juga telah didiskusikan bersama para calon pengguna KRL Yogyakarta-Solo dan pengguna KA Prambanan Ekspres.

“Hasilnya, sejumlah jadwal tersebut telah disesuaikan untuk dapat lebih dekat dengan kebutuhan para pengguna. Pada Gapeka 2021 akan ada 20 perjalanan KRL relasi Yogyakarta-Solo pp dan 8 perjalanan KA Prambanan Ekspres relasi Yogyakarta-Kutoarjo pp,” jelasnya.

Baca Juga: Bertarif Rp 1, Warga Antusias Ikut Uji Coba Publik KRL Yogyakarta-Solo

Penulis : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU