> >

Suara Gemuruh dari Gunung Merapi, BPPTKG: Semua Sudah On The Track Jika Terdengar Lagi

Sosial | 16 November 2020, 19:23 WIB
Ilustrasi Gunung Merapi erupsi setinggi 2000 meter (Sumber: KompasTV)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida menjelaskan terkait suara gemuruh di Gunung Merapi yang terdengar warga setiap hari.

Baca Juga: Barak Pengungsi Merapi di Sleman Semakin Lengkap dengan Ruangan Isolasi Covid-19

Warga lereng Gunung Merapi mendengar suara gemuruh setiap hari setelah gunung itu dinaikkan statusnya menjadi siaga (level III). 

Menurut Hanik, kejadian tersebut dikarenakan adanya tekanan dari dalam.

"Penjelasan ilmiahnya terkait dengan terdengarnya suara gemuruh adalah, pada saat ada tekanan magma ke permukaan maka ada guguran-guguran terjadi," ujar Hanik saat dihubungi awaak media, Senin (16/11/2020), seperti dilansir Kompas.com

Hanik mengatakan, terjadinya tekanan magma ke permukaan membuat material-material yang berada di puncak Gunung Merapi menjadi tidak stabil sehingga terjatuh. 

"Karena tidak stabil material tersebut ngglundung (terjatuh), sehingga membuat suara gemuruh tadi. Magma kan terus menuju ke permukaan, karena ada magma yang menuju permukaan material yang di atas jadi tidak stabil," tutur Hanik. 

Masyarakat setempat sudah mengerti dengan apa yang harus dilakukan dan bersikap ketika terdengar suara gemuruh dari Gunung Merapi. 

"Sudah kita sosialisasikan kepada masyarakat, BPBD juga sudah bergerak. Jadi, saya kira semua sudah on the track," kata Hanik.

Hanik mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mengikuti informasi dari BPPTKG. 

Penulis : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU