> >

Kerjasama Pemerintah dan Masyarakat Bangkitkan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

Berita daerah | 27 Oktober 2020, 14:41 WIB

KEDIRI - MALANG - BLITAR, KOMPAS.TV - Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat pemerintah dan masyarakat di sejumlah daerah di Jawa Timur untuk bahu-membahu bangkit dari keterpurukan. Mulai dari menggelar pameran busana, membuka kembali gedung bioskop dan kerjasama ekspor gendang.

Sejumlah perancang busana dan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Pemerintah Kota Kediri Jawa Timur bekerjasama menggelar pameran busana muslim dan hijab di masjid Al Khalid Kelurahan Semampir.

Kepala Disbudparpora Kota Kediri, Nur Muhyar mengatakan pameran ini menampilkan 16 koleksi hijab dan busana muslim karya 4 perancang busana dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Panitia juga menggandeng para fotografer untuk mempromosikan hijab dan gamis melalui jepretan kamera. Foto karya mereka selanjutnya akan diikutkan lomba.

Kegiatan ini untuk merangsang bangkitnya pekerja dan pelaku ekonomi kreatif setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang Jawa Timur. Pemerintah setempat mengizinkan 2a bioskop, yakni Moviemax Dinoyo dan Moviemax Sarinah untuk buka kembali setelah 7 bulan tutup.

Namun sebelum dibuka, pihak pengelola atau pemilik yang sebelumnya mengajukan izin pembukaan kembali gedung bioskop, harus menerapkan protokol kesehatan dan menyiapkan sarana prasarana untuk pemberlakukan protokol kesehatan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Malang, Husnul Muarif mengatakan bahwa pemerintah setempat menerjunkan tim dinas kesehatan untuk mengecek kesiapan pengelola bioskop dalam menerapkan protokol kesehatan.

Dari hasil pengecekan, pihak bioskop dinilai telah menerapkan protokol kesehatan, namun diminta untuk membuat penyaring udara.

Dibukanya kembali gedung bioskop bertujuan untuk membangkitkan kembali ekonomi warga. Karena sebelumnya usaha hiburan ini bangkrut akibat ditutup dan banyak pekerja dirumahkan dan diberhentikan.

Sementara di Kabupaten Blitar Jawa Timur, pemerintah bekerjasama dengan pelaku UMKM memproduksi alat musik, berupa gendang jimbe. Hasil kerajinan tersebut di ekspor ke negeri tirai bambu, yakni China.

Pada 20 Oktober, ada 6 ribu gendang jimbe yang telah diekspor dengan nilai ratusan juta rupiah. Tak hanya gendang, pemerintah beserta UMKM juga mengekspor kerajinan kayu.

Pjs. Bupati Blitar, Budi Santosa mengatakan kerjasama pemerintah dengan pelaku UMKM, pelaku ekonomi kreatif perlu ditingkatkan lagi untuk membangkitkan ekonomi di tengah pandemi covid-19.

Namun yang terpenting dalam kerjasama tersebut, ada kesepakatan untuk tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan.

#TingkatkanEkonomi #UMKMBangkit #PameranBusana #EksporGendang #GedungBioskop

 

Penulis : KompasTV-Jember

Sumber : Kompas TV


TERBARU