> >

Tanggal 1 Oktober Memperingati Hari Apa? Ini Sejarah Hari Kesaktian Pancasila

Edukasi | 30 September 2023, 08:05 WIB
Sejarah Hari Kesaktian Pancasila 2023 yang diperingati tiap 1 Oktober. (Sumber: disnakerpmptsp.malangkota.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap tanggal 1 Oktober, masyarakat Indonesia memperingati peristiwa penting yakni Hari Kesaktian Pancasila.

Hari Kesaktian Pancasila 2023 jatuh pada Minggu (1/10/2023), untuk memperingatinya, setiap instansi dan satuan pendidikan melakukan upacara bendera.

Tahun ini, tema upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 adalah "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju".

Selain itu, pada 1 Oktober masyarakat Indonesia juga diimbau untuk mengibarkan bendera satu tiang penuh setelah satu hari sebelumnya yakni 30 September mengibarkan bendera setengah tiang.

Lantas, kenapa 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila?

Sejarah Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober ini diperingati untuk mengingatkan masyarakat soal ideologi Pancasila yang tak bisa digantikan oleh paham apapun.

Penetapan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila dilakukan berdasarkan SK Nomor 153 Tahun 1967 yang diterbitkan Presiden Soeharto pada 27 September 1967.

Adapun usulan penetapannya telah dilakukan pada masa Soeharto masih menjabat sebagai Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan pada 1966.

Tepatnya, pada 24 September 1966, Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian mengusulkan supaya peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga dilakukan oleh seluruh jajaran Angkatan Bersenjata.

Baca Juga: Rangkuman Sejarah G30S/PKI yang Diperingati Tiap 30 September, Tujuan dan Nama Jenderal yang Tewas

Penulis : Dian Nita Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU