> >

Jadwal Lengkap Asesmen Nasional 2023 untuk Jenjang SD, SMP, SMA/K, Proses Mulai Akhir Juli

Sekolah | 12 Juli 2023, 09:15 WIB
Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kembali membuka program Asesmen Nasional (AN) pada tahun 2023 ini. Program Asesmen Nasional ini ditujukan untuk siswa jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK sederajat. (Sumber: smagama.sch.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka program Asesmen Nasional (AN) pada tahun 2023 ini. Program Asesmen Nasional ini ditujukan untuk siswa jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK sederajat.

Melansir laman resmi Kemendikbudristek, Asesmen Nasional ditujukan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang mengacu pada input, proses, dan output pembelajaran. Asesmen Nasional dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar.

Program ini diadakan dengan serangkaian tes asesmen yang diikuti oleh siswa. Menurut Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek Nomor 015/H/KP/2023 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2023 (POS AN), Asesmen Nasinal tahun ini akan meliputi tes Literasi Membaca, Survei Karakter, Numerasi, dan Survei Lingkungan Belajar.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU