> >

Luncurkan Program Paramita, Universitas Terbuka Kunjungi Kompas Gramedia

Kampus | 22 Maret 2023, 03:05 WIB
Universitas Terbuka (UT) melakukan kerja sama dengan PT Gramedia yang meliputi KGX dan Gramedia Printing. (Sumber: Irvan Manullang/Corporate Communication Kompas Gramedia)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam upaya meningkatkan kapasitasnya sebagai institusi pendidikan yang menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh, Universitas Terbuka (UT) melakukan kerja sama dengan PT Gramedia yang meliputi KGX dan Gramedia Printing.

KGX dan Gramedia Printing merupakan unit bisnis Kompas Gramedia yang tepercaya dalam bidang produksi dan distribusi buku-buku ke seluruh Indonesia berkaitan dengan luasnya jaringan wilayah secara nasional.

Sebagaimana diketahui UT dengan jumlah mahasiswa yang masif dan tersebar di seluruh pelosok wilayah Indonesia menuntut kualitas pendistribusian buku yang andal, cepat, dan tepercaya.

Universitas Terbuka (UT) sangat menyadari pentingnya proses pengiriman bahan ajar cetak atau yang lebih dikenal buku materi pokok (BMP), sehingga pendistribusian bahan ajar yang tepat dan akurat bisa melancarkan proses pembelajaran mahasiswa.

Baca Juga: Kelola Sampah Organik, Kompas Gramedia Gelar Pelatihan Pembuatan Sabun dan Eco Enzym

Senin (20/3/2023), UT mengunjungi Gramedia Printing dan KGX yang merupakan Percetakan dan Pergudangan terbesar di Indonesia yang menjadi bagian dari pilar industri manufaktur Kompas Gramedia. Kunjungan ini dilakukan langsung oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. beserta jajaran ke Gudang (warehouse) Gramedia di area Cakung, Jakarta. Kunjungan ini disambut oleh Direktur PT Gramedia Adhi Mardhiyono beserta jajaran.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk mengenalkan beberapa hal terkait dengan penyelenggaraan pendidikan di UT pada era revolusi industri 5.0 yang memerlukan perangkat jejaring luas sehingga layanan UT dapat diakses secara cepat, tepat, dan akurat oleh masing-masing mahasiswa UT di berbagai pelosok Tanah Air.

Kerja sama antara UT, Gramedia Printing, dan KGX dikokohkan dengan mengembangkan program bersama bertajuk ‘PARAMITA’ sebagai  singkatan ‘Pengiriman Bahan Ajar ke Mahasiswa Tepat dan Akurat’.

Paramita itu sendiri dalam bahasa Sanskerta artinya ‘kesempurnaan.’ Dengan demikian, program Paramita ditujukan untuk dapat memuaskan mahasiswa dalam hal penerimaan bahan ajar secara tepat waktu dan akurat ke lokasi sasaran.

Program ini merupakan terobosan baru bagi UT, Gramedia Printing, dan KGX sebagai proses bisnis yang bagus dan menguntungkan bagi kedua belah pihak dengan pelayanan prima yang diberikan oleh pihak Gramedia Printing dan KGX, diharapkan feedback dari keduanya untuk UT. Benefit yang baik dari Gramedia Printing dan KGX kepada UT karena keduanya mempunyai jaringan yang luas di seluruh Nusantara.

Penulis : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU