> >

Selamat untuk Arab Saudi, Tinggal Selangkah lagi jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Sepak bola | 1 November 2023, 06:00 WIB
Presiden FIFA Gianni Infantino bersama PM Australia Anthony Albanese. Arab Saudi hampir pasti akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034 setelah federasi sepak bola Australia memutuskan untuk tidak ikut dalam kontes bidding. FIFA menetapkan batas waktu hingga Selasa, (31/10/2023), dan keputusan Australia untuk mundur membuat Arab Saudi menjadi satu-satunya kandidat tuan rumah 2034. (Sumber: AP Photo)

JENEWA, KOMPAS.TV - Arab Saudi hampir pasti akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034 setelah federasi sepak bola Australia memutuskan untuk tidak ikut dalam kontes bidding.

FIFA menetapkan batas waktu hingga Selasa (31/10/2023) untuk mengajukan penawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034. Tetapi keputusan Australia mundur membuat Arab Saudi menjadi satu-satunya kandidat yang sudah mendeklarasikan diri.

“Kami menjajaki kesempatan untuk bid menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA, dan setelah mempertimbangkan semua faktor, kami memutuskan untuk tidak melakukannya dalam kompetisi 2034," kata Football Australia dalam sebuah pernyataan seperti dilaporkan Associated Press, Selasa (31/10).

FIFA masih perlu mengesahkan Arab Saudi sebagai tuan rumah, keputusan yang kemungkinan akan diambil tahun depan, tetapi kemenangan sekarang tampaknya menjadi hal yang pasti bagi kerajaan kaya minyak ini.

Ini akan menjadi puncak dari upaya ambisius Arab Saudi untuk menjadi pemain utama dalam dunia olahraga global, usai menghabiskan jumlah yang sangat besar untuk membawa puluhan pemain sepak bola bintang ke liga domestiknya, membeli klub sepak bola Inggris Newcastle United, meluncurkan tur golf LIV yang independen, dan menjadi tuan rumah pertandingan tinju besar.

Presiden FIFA Gianni Infantino telah membangun hubungan dekat dengan sepak bola Arab Saudi dan Putra Mahkota secara pribadi. Infantino lama dilihat mencoba mengarahkan kompetisi sepak bola dunia menuju kerajaan ini.

Ketika memberikan hak penyelenggaraan Piala Dunia 2030 kepada tawaran bersama dari Spanyol, Portugal, dan Maroko, yang juga akan memasukkan pertandingan di Amerika Selatan, FIFA memutuskan untuk mempercepat kompetisi penyelenggaraan 2034 pada bulan ini, dengan hanya federasi sepak bola anggota di Asia dan Oceania yang memenuhi persyaratan boleh mengajukan penawaran.

Batas waktu ketat memberi waktu kurang dari empat minggu untuk mendaftar dengan tenggat hari Selasa, (31/10/2023) dan hanya satu bulan lagi untuk menandatangani perjanjian bidding yang memerlukan dukungan pemerintah.

Baca Juga: Indonesia Dukung Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Trofi Piala Dunia. Arab Saudi hampir pasti akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034 setelah federasi sepak bola Australia memutuskan untuk tidak ikut dalam kontes bidding. (Sumber: fifa.com)

Dalam beberapa jam setelah pengumuman FIFA, federasi sepak bola Arab Saudi mengatakan mereka ikut, dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), yang mencakup Australia, mengatakan mereka mendukung kerajaan itu untuk membawa Piala Dunia kembali ke Timur Tengah setelah tetangga Qatar menjadi tuan rumah edisi 2022.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Gading-Persada

Sumber : Associated Press


TERBARU