> >

Buntut Kasus Cium Pemain Timnas Putri, Presiden RFEF Luis Rubiales Mengundurkan Diri

Sepak bola | 11 September 2023, 11:24 WIB
Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales dipaksa mundur setelah mencium bibir pemain timnas perempuan Spanyol. (Sumber: AP)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales mengundurkan diri dari jabatannya, buntut kasus dugaan pelecehan seksual terhadap pemain timnas putri.

Pada Minggu (10/9/2023), Luis Rubiales mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol melalui rilis resmi dari RFEF.

"Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol mengonfirmasi bahwa Luis M. Rubiales Béjar telah mengajukan pengunduran dirinya malam ini. Hal ini telah diberitahukan kepada entitas federatif melalui surat kepada Pedro Rocha Junco," tulis pihak RFEF di laman resmi. 

Selain itu, Rubiales juga mengundurkan diri sebagai wakil presiden UEFA.

"Selain itu, ia juga mengundurkan diri dari jabatannya sebagai wakil presiden UEFA," tulis RFEF.

Melalui rilis resmi yang diunggah di akun X miliknya, Rubiales pun telah mengonfirmasi bahwa dia telah memberi tahu presiden sementara federasi Spanyol, Pedro Rocha tentang pengunduran dirinya pada Minggu malam.

"Hari ini saya sampaikan pada jam 9:30 malam kepada penjabat Presiden, Pedro Rocha, pengunduran diri saya dari jabatan Presiden RFEF."

"Saya juga telah memberi tahu Anda bahwa saya telah melakukan hal yang sama dengan posisi saya di UEFA sehingga posisi saya di Wakil Presiden bisa diganti," tulis Rubiales.

Baca Juga: Pemain Timnas Perempuan Spanyol Marah Bibirnya Dicium Presiden Federasi Sepak Bola, Boikot Dilakukan

Sebelumnya diberitakan, FIFA sempat melarang Luis Rubiales dari semua aktivitas yang berhubungan dengan sepak bola selama 90 hari.

Penulis : Kiki Luqman Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV, ESPN, X


TERBARU