> >

Piala Dunia 2022: Benarkah Messi Tak Boleh Main saat Argentina vs Kroasia?

Sapa qatar | 11 Desember 2022, 17:28 WIB
Wasit Antonio Mateu menunjukkan kartu kuning kepada pemain Timnas Argentina, Lionel Messi, dalam pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 antara Belanda dan Argentina di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu, 10 Desember 2022. (Sumber: AP Photo/Ricardo Mazalan)

 

DOHA, KOMPAS.TV - Dugaan adanya pelanggaran indisipliner dalam duel perempat final Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Argentina membuat Lionel Messi ramai digosipkan tak bisa main di semifinal lawan Kroasia.

Laga Belanda vs Argentina pada Sabtu (10/12/2022) lalu jadi duel terpanas sepanjang Piala Dunia 2022. Wasit Antonio Mateu Lahoz asal Spanyol sampai mengeluarkan 18 kartu kuning dalam pertandingan itu.

Konflik terjadi di Stadion Lusail, Qatar, termasuk saat pemain cadangan dan pelatih Argentina coba menerobos lapangan pada menit akhir waktu normal.

Penyebabnya, Belanda mencetak gol telat melalui Wout Weghorst pada menit ke 90+11, memaksa La Albiceleste melanjutkan duel lewat babak tambahan waktu dan penalti.

Akhirnya anak asuh Lionel Scaloni lolos ke semifinal berkat kemenangan penalti 3-4 atas Oranje.

Baca Juga: Profil Walid Regragui, "Si Kepala Alpukat" yang Membawa Maroko ke Semifinal Piala Dunia 2022

Setelah perempat final selesai, Associated Press melaporkan bahwa Komisi Disiplin FIFA langsung menyelidiki dugaan indisipliner untuk kubu Belanda dan Argentina. 

Lalu muncul rumor, beberapa pemain Argentina, termasuk kapten Lionel Messi, diragukan akan tampil melawan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022 pada Rabu (14/12) mendatang.

Jurnalis Argentina, Gaston Edul, membantahnya, lalu menyebut kabar itu terlalu dibesar-besarkan.

"Tidak ada pemain Argentina yang berisiko terkena sanksi. Itu salah. Setiap kali ada lebih dari lima kartu kuning (yang diterima satu klub dalam satu laga-red), FIFA membuka penyelidikan. Itu adalah SOP," kata Gaston via Twitter

Penulis : Rofi Ali Majid Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV/Associated Press


TERBARU