> >

Komentar Rahmad Darmawan soal Kinerja Wasit pada Pekan Perdana Liga 1 2022-23

Kompas sport | 28 Juli 2022, 23:41 WIB
Pelatih RANS Nusantara FC, Rahmad Darmawan. (Sumber: Kompas.com/Suci Rahayu)

BOGOR, KOMPAS.TV - Pelatih RANS Nusantara FC, Rahmad Darmawan, memberi komentar soal kinerja wasit pada pekan perdana Liga 1 2022-23. 

Pekan perdana Liga 1 2022-23 langsung menjadi sorotan publik. Tiga dari empat laga perdana Liga 1 musim ini mendapat kecaman, karena kinerja para wasit yang kurang memuaskan. 

RANS sendiri menjadi salah satu korban keputusan wasit yang kontroversial. 

Kala itu, RANS harus menjalani laga tandang ke markas PSIS Semarang. Kendati berhasil mencuri satu poin, RANS merasa dirugikan dengan keputusan wasit memberikan hadiah penalti kepada PSIS. 

Baca Juga: Kinerja Wasit Liga 1 Kembali Disorot, Ketum PSSI: Yang Bekerja Baik, Kami Beri Imbalan

Dalam pertandingan itu, pemain PSIS Oktafianus Fernando melakukan diving atau pura-pura terjatuh di dalam kotak penalti RANS.

Wasit langsung memberi PSIS hadiah penalti dan tidak mengubah keputusannnya meski mendapat protes keras dari sang tamu.

Tak ingin kejadian serupa terulang, Rahmad Darmawan menilai penyelenggara Liga 1 harus teknologi macam VAR. 

"Sebetulnya saya udah pernah bicarakan soal kapan kita menggunakan suatu teknologi menyerupai VAR, mungkin namanya bukan itu. Tapi kita mungkin, apakah boleh ciptakan sendiri atau apa," ujar Rahmad Darmawan, dikutip dari Tribunnews.

"Karena kadang tidak ingin diuntungkan dan dirugikan. Kita pengen match jalan adil, itu saja. Buat kami, human error itu bagian dari suatu yang bisa terjadi dalam pertandingan. Termasuk reaksi yang kita sampaikan bagian dari kesalahan."

Penulis : Gilang Romadhan Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Tribunnews.com


TERBARU