> >

Resmi, PSSI Larang Wasit Musthofa Pimpin Pertandingan

Kompas sport | 5 November 2021, 13:15 WIB
Wasit Musthofa Umarella saat memimpin Persebaya Surabaya melawan Persela Lamongan pada pekan ke-8 Liga 1 2021 yang berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (21/10/2021) malam. (Sumber: Kompas.com/Suci Rahayu)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - PSSI resmi menghukum wasit Musthofa Umarella dengan larangan memimpin pertandingan di Liga 1 dan Liga 2 2021.

Musthofa dinilai melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan di laga Persebaya Surabaya versus Persela Lamongan.

Pada pertandingan yang terlaksana di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta pada Kamis, 21 Oktober 2021, setidaknya Mustofa membuat dua keputusan yang kontroversial.

Pertama, tak disahkannya gol striker Persebaya, Jose Wilkson pada menit ke-33. Menurut wasit, hasil sepakan bebas Jose belum melewati garis gawang.

Momen kedua adalah saat pemain Persela, Ivan Carlos, mencetak gol di menit ke-34. Dari tayangan ulang, Ivan dalam posisi offside sebelum mencetak gol.

Bahkan seusai pertandingan, Ivan dengan terang-terangan mengakui bahwa posisinya offside.

Baca Juga: Terjadi di Liga 3, Leher Pemain PPSM Diinjak, Wasit Hanya Berikan Kartu Kuning

"Saya kembali berbicara, wasit di Indonesia banya melakukan kesalahan di setiap pertandingan. Ya saya dalam posisi offside, tapi itu salah wasit," kata Ivan dikutip dari BolaSport, Jumat (5/11).

Akibat kesalahan yang dilakukan, Musthofa akhirnya diberi hukuman oleh Komite Wasit PSSI.

Sementara itu, dikutip dari Kompas.com, Ketua Komite Wasit PSSI Ahmad Riyadh menjelaskan bahwa Musthofa akan diistirahatkan.

Penulis : Kiki Luqman Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU