> >

Mengupas Perjuangan Ni Nengah Widiasih, Peraih Medali Pertama Indonesia di Paralimpiade Tokyo

Kompas sport | 26 Agustus 2021, 15:57 WIB
Ni Nengah Widiasih, atlet parapowerlifiting yang berhasil meraih medali perak Paralimpiade Tokyo. (Sumber: Facebook/Ni Nengah Widiasih)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ni Nengah Widiasih berhasil mengakhiri puasa medali perak Indonesia dalam 33 tahun terakhir gelaran paralimpiade.

Turun di kelas 41 kilogram putri, atlet parapowerlifiting asal Bali yang akrab disapa Widi tersebut sukses mempersembahkan medali pertama Inodnesia pada ajang Paralimpiade Tokyo, Kamis (26/8/2021).

Torehan tersebut pun menjadi prestasi tertinggi di level paralimpiade bagi Widi dan tim parapowerlifiting Indonesia.

Sebelumnya, pada Paralimpiade Rio de Janeiro, Widi juga tampil membanggakan karena menjadi satu-satunya wakil tim Indonesia yang berhasil meraih medali, yakni perunggu di kelas yang sama.

Baca Juga: Ni Nengah Widiasih Sumbang Medali Pertama untuk Indonesia di Paralimpiade Tokyo

Prestasi terkini Widi tentunya menjadi bukti bahwa perjuangan yang ia berikan dalam mengaharumkan nama bangsa tidak main-main.

Terbukti ketika berhasil debut di Paralimpiade London, Widi pun mampu menemukan titik balik karier dan prestasinya sebagai atlet parapowerlifiting.

Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia, melalui akun Instagram resminya, mengatakan bahwa Widi sempat mengalami keterbatasan biaya saat ingin mengikuti Kejuaraan Dunia di Dubai sebagai persiapan ke London.

Namun, akhirnya Widi dan tim berhasil mengatasi persoalan itu bahkan mampu membawa pulang medali perunggu dari Kejuaraan Dunia di Dubai.

Baca Juga: Paralimpiade Tokyo 2020: Mengenal Goalball, Olahraga Khusus Atlet Tuna Netra

Penulis : Aryo Sumbogo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU