> >

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Ganti Pangkostrad dan 3 Pangdam, Ada Apa?

Politik | 29 Juli 2020, 05:00 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberi keterangan usai memberi pengarahan kepada Prajurit TNI-Polri dan tokoh masyarakat serta tokoh agama yang telah melakukan evakuasi korban kecelakaan Heli Mi-17, Selasa (18/2/2020). (Sumber: Puspen TNI)

JAKARTAKOMPAS TV - Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, kembali melakukan mutasi jabatan terhadap 181 perwira tinggi atau Pati TNI. Dari jumlah itu, masing-masing terdiri atas 76 Pati TNI AD, 82 Pati TNI AL dan 23 Pati TNI AU.

Mutasi ratusan Pati TNI itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/588/VII/2020 tanggal 27 Juli 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Dengan demikian, beberapa jabatan strategis mengalami pergantian. Itu antara lain jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat atau Pangkostrad. Kemudian Panglima Kodam atau Pangdam.

Baca Juga: Panglima TNI Mutasi 181 Pati, Pangdam Jaya Eko Margiyono Jabat Pangkostrad

Diketahui, ada tiga Pangdam yang diganti oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Ketiganya yaitu Pangdam Jaya, Pangdam Sriwijaya dan Pangdam Mulawarman diganti.

"Mutasi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis," kata Kabidpenum TNI, Letkol Sus Aidil melalui keterangan resmi pada Selasa (28/7) malam.

Dengan adanya pergantian itu, Letjen Harto Karyawan dicopot dari jabatannya sebagai Pangkostrad. Dia digantikan oleh Mayjen TNI Eko Margiyono yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam Jaya.

Baca Juga: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Naikkan Pangkat 22 Perwira Tinggi, Berikut Nama-namanya

Selanjutnya, Pangdam Jaya akan dijabat oleh Mayjen TNI Dudung Abdulrahman, yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akademi Militer atau Akmil. Adapun pengganti Mayjen Dudung sebagai Gubernur Akmil diisi oleh Brigjen TNI Totok Imam dari Kapusjianstra TNI.

Selanjutnya, Kolonel Inf Jhonny Djamaris dari Paban VII/Dalpers Spers TNI menjadi Kapusjiantra TNI, Mayjen TNI Subiyanto dari Pangdam VI/Mulawarman menjadi Pa Ahli Tk. III Kasad Bid. Jahpers.

Penulis : Tito-Dirhantoro

Sumber : Kompas TV


TERBARU