> >

Viral! Kehamilan Kriptik, Ibu Mengaku Hamil dan Melahirkan 1 Jam Kemudian

Sapa indonesia | 21 Juli 2020, 18:16 WIB

TASIKMALAYA, KOMPAS.TV - Seorang ibu di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mengaku perutnya tiba-tiba membesar dan melahirkan seorang bayi laki-laki dalam waktu 1h jam kemudian. Sang ibu dan bayi dalam keadaan sehat, dan sudah diperiksa oleh tim medis dari puskesmas kecamatan.

Kejadian aneh dialami, Heni Nuraeni, warga Desa Mandalasari, Kecamatan Puspahiang, Tasikmalaya, Jawa Barat. Pada Sabtu 19 Juli lalu, perutnya tiba-tiba membesar dan terasa sakit.

Dalam waktu 1 jam kemudian, dibantu seorang dukun beranak, Heni melahirkan seorang bayi laki-laki anaknya yang ketiga. Heni mengaku, selama 9 bulan ke belakang, ia tidak merasakan tanda-tanda kehamilan dan masih datang bulan.

Kisah Heni melahirkan tanpa proses kehamilan viral. Merespons perisitwa ini, tim medis dari Puskesmas Kecamatan Puspahiang memeriksa heni dan bayinya. Ibu dan bayi dalam kondisi sehat.

Tim medis menduga, sang ibu tidak menyadari kehamilan atau dikenal sebagai kehamilan kriptik. Kebanyakan perempuan jika sedang hamil kondisi tubuhnya berubah, mengalami perubahan suasana hati, kelelahan, dan mual pada trimester pertama.

Heni mengaku tidak merasakan apa pun dari gejala tersebut dan sama sekali tidak pernah memeriksakan diri. Kehamilan kriptik yang diduga dialami Heni biasanya disebabkan menstruasi yang tidak teratur, perimenopouse, penggunaan pil KB dan kontrasepsi iud, serta lemak tubuh yang rendah.

Baca Juga: Flu dan Batuk Usai Hamil? Begini Penjelasan Dokter

Penulis : Fransiska-Wijayanti

Sumber : Kompas TV


TERBARU