> >

Gejala Palsu Covid-19 Bisa Bikin Orang Sehat Merasa Sakit, Ini Sebab dan Cara Menangkalnya

Berita kompas tv | 21 Juni 2020, 14:15 WIB
Ilustrasi foto mikroskopik virus corona (Sumber: TRIBUNNEWS.COM)

KOMPAS.TV – Gejala palsu Covid-19 hanya merupakan psikosomatik karena kecemasan berlebih terhadap virus corona jenis baru tersebut.

Dokter dari Divisi Psikosomatik dan Paliatif Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Rudi Putranto, Sp.PD(K)-Psi mengatakan gejala mirip Covid-19 yang berasal dari kecemasan bisa hilang sendiri kalau orang tersebut menenangkan diri dan merelaksasi tubuh.

Baca Juga: Kominfo dan BSSN Telusuri Dugaan Kebocoran Data Pasien Covid-19 yang Dijual di Internet

"Bagaimana cara kita membedakan, kalau ini reaksi tubuh dan kita dapat menyadari itu, istirahat sebentar dan relaksasi maka reaksi tersebut bisa hilang," kata Rudi dalam konferensi pers di Graha BNPB Jakarta, Minggu (21/6/2020 seperti dikutip dari ANTARA.

Menurut Rudi, gejala psikosomatik adalah perubahan psikologis seseorang yang akan mempengaruhi konfisi fisik bila tubuh tidak bisa beradaptasi.

Gangguan ini bisa terjadi pada orang sehat yang kemudian seperti merasakan sakit, atau orang yang sakit ringan.

Rudi menyebut orang yang punya gangguan kesehatan seperti diabetes dan hipertensi pun bisa mengalami gejala psikosomatik ini dan mempengaruhi kesehatannya. 

Baca Juga: WHO Tegaskan Obat Corona Dexamethasone untuk Pasien Kritis, Gejala Ringan Belum Terbukti

Dokter dari Divisi Psikosomatik dan Paliatif Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Rudi Putranto, Sp.PD(K)-Psi. (Sumber: ANTARA/HO-Tangkapan layar)

"Psikosomatik bisa memicu penyakit yang sudah ada, bagi yang memiliki darah tinggi bisa menjadi tidak terkontrol, yang memiliki diabetes gula darahnya bisa tidak terkontrol," katanya.

Gangguan psikosomatik akibat Covid-19 ini bisa terjadi kalau seseorang menerima terlalu banyak informasi negatif, lalu menjadi cemas berlebihan.

Penulis : Idham-Saputra

Sumber : Kompas TV


TERBARU