> >

Haji 2020 Belum Jelas, Kemenag Harap 12 Mei Sudah Ada Kepastian dari Arab Saudi

Berita kompas tv | 6 Mei 2020, 22:45 WIB
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Nizar Ali (Sumber: Humas Kemenag)

KOMPAS.TV - Pemerintah Arab Saudi hingga kini belum memberikan kejelasan terkait dengan penyelenggaraan haji 1441H/2020M. 

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Nizar mengungkapkan, saat ini pemerintah Arab Saudi masih fokus pada percepatan penanganan Covid-19 sebagaimana juga dilakukan di Indonesia.

"Koordinasi kami dengan pihak Konsul Haji KJRI Jeddah, sampai saat ini belum ada keputusan resmi dari Kementerian Haji dan Umrah Saudi terkait haji tahun ini, apakah jalan atau bagaimana," ujar Nizar dalam keterangan tertulisnya, Rabu (06/05).

Baca Juga: Pelaksanaan Haji Tahun Ini Ditentukan 12 Mei, Pemerintah Siapkan Beberapa Skenario

“Kami terus memantau perkembangan dan menunggu keputusan resmi dari Pemerintah Arab Saudi,” sambungnya.

Nizar berharap, kepastian penyelenggaraan haji 1441H/2020M ini sudah diumumkan Saudi sebelum 20 Ramadan atau 13 Mei. Sebab, Saudi akan segera memasuki masa liburan musim panas.

"Harapan kami, tanggal 19 Ramadan atau 12 Mei sudah ada keputusan," tutur Nizar. 

"20 Ramadan sampai 10 Syawal, Saudi memasuki masa libur musim panas. Jika baru diputuskan setelah libur, maka untuk persiapan terlalu mepet karena operasional haji dimulai bulan Zul Qa'dah," lanjutnya.

Nizar mengaku mendengar informasi bahwa Pemerintah Arab Saudi akan membuka kembali akses Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk Salat Taraweh. Termasuk juga akses masyarakat untuk thawaf sunnah (bukan thawaf umrah).

"Setelah akses kembali dibuka, semoga Saudi segera umumkan kepastian pelaksanaan haji tahun ini, jalan atau tidak," jelasnya.

Penulis : fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU