> >

Jokowi Ajak Kepala Negara Gerakan Non-Blok Tingkatkan Solidaritas Politik Melawan Covid-19

Berita kompas tv | 4 Mei 2020, 23:05 WIB
Presiden Jokowi didampingi Menlu Retno dan Menkes Terawan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gerakan Non-Blok (GNB) secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Senin malam (4/5/2020). (Sumber: YouTube: Sekretariat Presiden)

BOGOR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak kepala negara Gerakan Non-Blok untuk bersatu melawan Covid-19.

Hal itu disampaikan saat mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gerakan Non-Blok (GNB) secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Senin malam (4/5/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi Ikuti KTT Gerakan Non-Blok Bahas Penanganan Covid-19 Secara Virtual

Dalam KTT itu, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

“59 tahun lalu GNB didirikan untuk melawan “musuh bersama” imperialisme dan neokolonalisme. Saat ini “musuh bersama” kita adalah Covid-19,” ujar Jokowi, dalam KTT yang diselenggarakan khusus dalam rangka penanganan Covid-19 di negara-negara anggota GNB.

Menurut Jokowi, pandemi Covid-19 ini masih jauh dari usai. 

Oleh sebab itu, Jokowi mengajak negara-negara GNB untuk bergerak cepat, cermat dan strategis.

Ia menyampaikan, tiga hal penting yang perlu diprioritaskan negara GNB.

“Pertama, perkuat solidaritas politik antar kita, karena hanya dengan bekerja sama, kita dapat memenangkan peperangan ini,” tutur Jokowi.

Dalam KTT virtual yang diselenggarakan bertepatan dengan momentum Peringatan 65 Tahun Dasasila Bandung dan Perayaan 60 Tahun berdirinya GNB tersebut, Jokowi juga mengajak negara anggota GNB untuk fokuskan energi dan waktu sepenuhnya untuk menghadapi tantangan Covid-19 ini.

Penulis : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU