> >

Inspiratif! Cerita Relawan Perempuan Sopir Ambulans Antar Pasien Covid-19

Berita kompas tv | 16 April 2020, 18:48 WIB
Sukarelawan Medis Ika Dewi Maharani (Sumber: Humas BNPB/Ignatius Toto Satrio)

JAKARTA, KOMPASTV – Perkenalkan ini lah Ika Dewi Maharani, satu-satunya sukarelawan medis perempuan di bawah naungan Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, yang bertugas sebagai sopir ambulans.

Kemampuannya bisa menyetir digunakannya untuk membantu sesama, apalagi di tengah pandemi corona yang tengah merebak di tanah air.

Baca Juga: Ini Kisah Anggota Polisi yang Rela Ikut Makamkan Jenazah Pasien Corona

"Dengan keahlian yang saya miliki, saya bisa menyetir, saya basic (dasar) perawat, jadi pas saya sesuai dengan panggilan hati, dengan kemampuan yang saya punya, saya harus melayani," ujar Ika dalam konferensi pers secara daring di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (16/4).

Dilansir dari laman resmi BNPB, Ika menceritakan kisahnya.

Mulai dari menangani pasien di rumah sakit, tergabung dalam sebuah asosiasi profesi perawat Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI), hingga menjalani hidup di mess yang disediakan BNPB, dan bertugas di rumah sakit Universitas Indonesia.

Perempuan asal dari Maluku Utara ini menyatakan merawat pasien adalah hal biasa, namun tidak biasa ketika harus jadi sopir ambulans.

Selain menjadi pengalaman pertamanya, Ika menyatakan menyetir ambulans tidak semudah yang dibayangkan.

Baca Juga: Kisah Petugas Kesehatan Gugus Tugas Covid-19, Bertaruh Nyawa Demi Masyarakat

"Sudah bunyikan sirine, tapi kadang orang-orang di sekitar kita tidak peka untuk memberikan jalan buat kita karena kita mengangkut pasien, ya untung ada orang dengan kesadaran memberikan jalan, jadi kita tetap dengan cepat membawa pasien ke tempat yang dirujuk," cerita Ika.

Penulis : Yuilyana

Sumber : Kompas TV


TERBARU